Find Us On Social Media :

7 Teknik Akupuntur TCM untuk Mengobati Hepatitis B Tanpa Obat Kimia

Inilah cara TCM mengobati hepatitis B, dengan berbagai teknik akupuntur.

GridHEALTH.id - Hepatitis B adalah salah satu dari berbagai jenis penyakit hepatitis yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV).

virus hapatitis B menyebar melalui darah, cairan tubuh, kontak seksual, penularan dari ibu ke anak, atau pun diinduksi tidak sengaja melalui prosedur medis.

Berdasarkan data WHO 2017, hepatitis B telah menginfeksi 3,5% (257 juta orang) dari populasi dunia, bahkan sekitar 93 juta orang di Cina adalah pembawa HBV dengan total 8-10% dari populasi total di Cina pada 2006.

Pengobatan tradisional Cina (TCM) memiliki cara untuk mengobati penyakit hepatitis B ini, salah satunya dengan akupuntur.

Hasil dari penelitian menunjukkan ada beberapa teknik akupuntur yang dapat digunakan untuk mengobati hepatitis B, antara lain:

1. Akupuntur jarum manual 

Mengobati hepatitis B bisa dengan menggunakan akupuntur jarum manual yang diterapkan dalam TCM, teknik biasanya dengan jarum tipis yang dimasukkan di titik akupuntur tertentu dalam tubuh.

Biasanya jarum dimasukkan secara tegak lurus atau dengan kemiringan 15-45 derajat dan kedalaman 0,5 hingga 1 inci, dan bisa sambil menjentikkan atau memutar jarum.

Retensi jarum biasanya 20-30 menit yang diperbolehkan dari penyisipan yang terakhir.

Teknik penggunaan jarum manual dalam akupuntur TCM untuk mengobati hepatitis B hanya boleh diberikan satu atau dua kali sehari.

2. Elektroakupuntur

Baca Juga: 4 Simpulan Awal Penyebab Sebenarnya Hepatitis Akut Misterius Pada Anak, Benarkah dari Adenovirus?