Find Us On Social Media :

Pijat 9 Titik di Tubuh Berikut, Nyeri Kontraksi Jelang Melahirkan Reda, Rekomendasi TCM

Coba pijat di 9 titik yang direkomendasikan oleh TCM ini, untuk meredakan rasa nyeri kontraksi menjelang persalinan.

GridHEALTH.id - Rasa nyeri kontraksi pada saat kehamilan menjadi salah satu hal yang tidak dapat dihindari menjelang proses persalinan, disebabkan oleh adanya kontraksi otot-otot rahim dan tekanan yang dibuat pada leher rahim.

Rasa nyeri kontraksi menjelang persalinan biasanya seperti kram dan nyeri hebat di bagian perut, punggung, selangkangan, serta sisi paha, salah satunya karena kepala bayi pada kandung kemih dan usus, serta peregangan vagina dan jalan lahir yang semakin menyebabkan rasa sakit.

Untuk dapat meredakan nyeri kontraksi menjelang persalinan, TCM pun merekomendasikan setidaknya ada sembilan titik pijat.

Sembilan titik pijat rekomendasi TCM ini perlukan bantuan dari orang lain:

1. Titik B48/Kandung kemih 48

Memijat titik ini dengan perlahan dapat membantu meredakan sakit punggung dan meningkatkan aliran Qi melalui panggul, oleh karena itu titik ini sangat berkaitan dengan nyeri punggung bawah, nyeri pinggul, linu pada panggul, dan ketegangan pada panggul sehingga sesuai dengan letak yang biasa dirasakan oleh ibu hamil yang tengah mengalami rasa nyeri akibat kontraksi saat persalinan.

2. Titik B28/Kandung kemih 28

Titik ini juga penting untuk meredakan rasa nyeri kontraksi yang dihadapi ibu hamil saat akan melalui persalinan, karena letaknya yang berada pada punggung bawah sehingga saat merangsang titik ini di kedua sisi dapat membantu mengurangi rasa nyeri punggung bawah.

Selain untuk membantu ibu hamil meredakan rasa nyeri saat kontraksi pada saat persalinan, titik B28 juga dianggap efektif oleh TCM untuk penyakit yang berkaitan dengan kandung kemih, seperti retensi urin, sering buang air kecil, dan inkontinensia urin, hingga gangguan pencernaan.

Baca Juga: Bercinta Saat Hamil Berisiko Sebabkan Keguguran? Cek Faktanya

3. Titik ST29/Perut 29

Titik ini berada di dekat tulang kemaluan, sehingga berfungsi untuk menyeimbangkan aliran Qi ke organ reproduksi wanita dan bermanfaat selain membantu meredakan rasa nyeri kontraksi pada saat persalinan, juga bermanfaat untuk mengatasi masalah menstruasi, hernia, sakit perut, dan prolaps rahim.