Find Us On Social Media :

Ikan Salah Satu Sumber Merkuri yang Pengaruhi Kesuburan Pria dan Wanita

Ini daftar ikan yang memiliki merkuri tinggi yang perlu diperhatikan oleh pria dan wanita karena mempengaruhi kesuburan.

GridHEALTH.id - Merkuri merupakan salah satu unsur logam berat yang berbahaya dan memiliki efek samping bagi kesehatan manusia, tidak terkecuali pada tingkat kesuburan pria dan wanita yang telah terpapar zat ini.

Kandungan berbahaya dari merkuri akan mengkontaminasi udara, air, dan tanah yang telah terpapar di dalamnya, akibatnya tanpa disadari unsur berbahaya merkuri masuk ke dalam tubuh manusia dan memberikan efek samping kesehatan.

Salah satu efek samping kesehatan yang perlu diperhatikan oleh manusia, baik pria dan wanita adalah kontaminasi paparan merkuri yang dapat mempengaruhi tingkat kesuburan seseorang.

Cara Merkuri Masuk ke Dalam Tubuh dan Memengaruhi Kesuburan

Merkuri yang keluar dari industri akan menjadi polusi udara, sedangkan merkuri yang bocor dari benda-benar keseharian manusia akan tertinggal di tanah maupun air dan udara.

Udara yang terkontaminasi kandungan merkuri dapat masuk ke air sungai ataupun laut dan berubah menjadi zat metilmerkuri.

Saat air sudah terkontaminasi kandungan merkuri, ikan pun akan ikut terkontaminasi, karena makanan yang mereka ambil tanpa disadari sudah ada kandungan metilmerkuri dan saat termakan, metilmerkuri akan diam di otot ikan.

Ketika ikan semakin membesar dan menua, kandungan metilmerkuri di dalamnya pun ikut menumpuk sehingga jumlah merkuri di dalamnya pun semakin banyak, penelitian juga membuktikan, dalam beberapa jenis ikan dapat mengakumulasikan jumlah merkuri lebih banyak dari jenis lainnya, inilah yang perlu diperhatikan oleh manusia.

Saat manusia mengkonsumsi makanan dari ikan yang mengandung jumlah merkuri yang banyak, maka tubuh juga akan menyerap kandungan merkuri di dalamnya, inilah yang menjadi salah satu cara seseorang terkena paparan dari kandungan merkuri.

Baca Juga: 3 Tanda Kosmetik Mengandung Merkuri, Selalu Teliti Sebelum Membeli

 Saat kandungan merkuri semakin banyak di dalam tubuh dan menumpuk, di sinilah awal mula dari masalah kesehatan ditimbulkan, termasuk berkaitan dengan kesuburan.

Bahaya Merkuri Untuk Kesuburan dan Ibu Hamil