Find Us On Social Media :

Keyboard Sarang Bakteri Menyeramkan, Ini Cara Membersihkannya

Mulailah rajin bersihkan keyboard, karena tanya disadari menjadi sarang kuman penyakit, ini cara amannya.

GridHEALTH.id - Di era modern seperti saat ini, penggunaan laptop dan komputer sudah tidak bisa dilepaskan dalam kegiatan sehari-hari.

Namun tanpa disadari masih banyak orang yang belum memperhatikan kebersihan dari laptop, padahal salah satu elemennya yaitu keyboard adalah tempat yang paling banyak mengandung kuman.

Ketidaksadaran inilah banyak dari orang yang sangat jarang untuk membersihkan perangkat laptop dan komputer yang telah digunakan selama berjam-jam setiap harinya.

Nyatanya, keyboard menjadi salah satu tempat bersarangnya virus, jamur, dan bakteri, hal ini wajar terjadi mengingat tangan seseorang dapat dipastikan tidak selalu bersih kemudian kembali menggunakan keyboard, sudah pasti ada banyak kuman di dalamnya.

Padahal penelitian membuktikan, hanya dengan satu kali pembersihan maka dapat menghilangkan 95% kuman dan bakteri yang ada di permukaan keyboard, jadi dengan pembersihan teratur tentu dapat membantu seseorang terhindar dari risiko penyakit lainnya.

Lagipula, terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan keyboard dengan aman, tanpa merusak fungsi dari keyboard dan perangkat lainnya.

Berbagai jenis keyboard memiliki tata cara pembersihan yang sebagian besar sama, baik keyboard internal di dalam laptop, maupun keyboard eksternal seperti pada komputer atau keyboard tambahan lainnya.

Secara teknik ada 3 cara bersihkan keyboard yang aman untuk menghindari sarang kuman penyakit:

1. Pembersihan manual - Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan membalikkan keyboard secara manual, namun pastikan keyboard dalam posisi mati, dalam artian jika keyboard pada laptop pastikan laptop sudah mati, lalu jika laptop menggunakan kabel atau baterai, cabut dulu keduanya.

Baca Juga: Sutradara Pemenang Oscar 2020 Taika Waititi Mengaku Idap OOS karena Keyboard buatan Apple

Kemudian bisa menggunakan kain mikrofiber, tisu desinfektan, alkohol isopropil, atau slime pembersih untuk menyeka kotoran di dalamnya.

2. Menggunakan udara terkompresi - Pembersihan keyboard secara menyeluruh juga dapat dilakukan dengan udara terkompresi, sehingga memungkinkan kotoran yang bersarang di antara tombol keyboard.