Find Us On Social Media :

Vaksin Covid-19 Oral Ampuh Lawan Varian Delta Hingga Omicron, Faktanya...

Vaksin Covid-19 oral membentuk antibodi di jaringan lapisan hidung dan saluran pernapasan.

GridHEALTH.id - Vaksinasi merupakan salah satu cara meningkatkan antibodi untuk melindungi diri dari keparahan akibat Covid-19.

Pemberian vaksin Covid-19 di seluruh dunia, mulai dilakukan sejak awal 2021 lalu. Selama ini, vaksin diberikan dengan cara disuntik.

Nah, jika takut dengan jarum suntik, mungkin vaksin Covid-19 oral bisa menjadi pilihan lain.

Baru-baru ini, hasil uji vaksinasi Covid-19 oral atau tablet, menunjukkan hasil yang cukup menjanjikan. Produsen vaksin Vaxart Inc, melakukan uji coba untuk mengevaluasi keamanannya.

Melansir Reuters, Selasa (26/7/2022), perusahan farmasi yang berbasis di San Francisco Selatan, California mengklaim bahwa vaksin oral tersebut bisa ditoleransi dengan baik.

Tak hanya itu, dari 35 orang yang mengikuti uji coba, tidak menunjukkan efek samping dari pemberian vaksin Covid-19 oral.

Jika vaksin Covid-19 yang ada saat ini menginduksi antibodi dalam darah, vaksin tablet malah membentuk antibodi di mukosa.

Mukosa merupakan jaringan yang melapisi hidung dan saluran udara, pertahanan pertama dalam melawan virus yang masuk ke tubuh.

Laporan hasil uji coba vaksin Covid-19 oral ini, telah dipublikasikan di medRxiv pada 19 Juli 2022.

Baca Juga: Priotitas yang akan Mendapat Vaksin Covid-19 Dosis 4 adalah Kelompok Masyarakat Ini

Peningkatan antibodi untuk melawan virus Covid-19 varian Delta maupun Omicron, terlihat pada setengah sukarelawan.

Berdasarkan hasil sampel dari hidung dan saliva, antibodinya lebih tinggi dibanding orang yang pernah terinfeksi Covid-19.