Find Us On Social Media :

Kesetrum, Ini Pertolongan Pertama Tersengat Listrik Harus Dilakukan

Kesetrum dapat membahayakan. Ini cara pertolongan pertama.

GridHEALTH.id - Siapa pun bisa tersengat listrik di mana saja. Ketika arus listrik melewati tubuh selama sengatan listrik, efeknya dapat berkisar dari mati rasa dan sensasi kesemutan hingga serangan jantung mendadak (dalam kasus yang jarang terjadi).

Ini juga dapat menyebabkan cedera di lokasi lokal seperti luka bakar listrik atau ulserasi. Namun, dalam kasus kekuatan intensitas tinggi, dapat mempengaruhi jantung dan otak juga.

Di jantung, itu menyebabkan aritmia atau fibrilasi ventrikel, yang dapat menyebabkan serangan jantung dan kematian mendadak.

Sengatan listrik dapat memicu kejang di otak, dan jika orang tersebut sudah tua atau menderita kondisi otak, tingkat keparahan komplikasinya tinggi.

Karenanya mengetahui tentang tindakan pertolongan pertama dalam kasus sengatan listrik dapat membantu menyelamatkan nyawa.

Dikutip dari First Aid For Life, inilah yang harus kita lakukan ketika melihat seseorang tersengat listrik.

- Sebelum terburu-buru untuk membantu, hati-hati melihat-lihat bahaya karena listrik dapat dengan cepat melewati air atau bahan konduktor seperti besi. Segera hubungi saluran bantuan darurat untuk mendapatkan bantuan.

- Kedua, coba pisahkan orang tersebut dari sumber saat ini. Kita dapat mematikan daya atau mencabut perangkat.

Jika kita tidak dapat melakukannya, berdirilah di atas bahan yang kering dan tidak konduktif seperti bangku kayu dan coba pisahkan orang tersebut menggunakan tongkat kayu.

Baca Juga: Hendak Menolong Istri Yang Kesetrum di Kamar Mandi, Pria Ini Malah Ikut Meninggal Karena Aliran Listrik

Baca Juga: Terapi Asam Urat Alami, Perubahan Pola Makan Hingga Rutin Minum Kopi

Jangan pernah menyentuh orang tersebut dengan tangan kosong atau kita juga dapat ikut kesetrum.