Find Us On Social Media :

Viral Anak Balita Dipakaikan Behel, Bu Pak Tahu Tidak Itu Mencelakakan Anak, Ini Bahayanya Menurut Dokter Gigi

Pemakaian behel saat balita berisiko mengganggu pertumbuhan gigi anak.

GridHEALTH.id - Belakangan media sosial sedang diramaikan oleh video yang memperlihatkan seorang balita memakai behel atau kawat gigi.

Video balita pakai behel pertama kali diunggah di TikTok, pada Minggu (24/7/2022), oleh orangtua balita itu.

Kolom komentar pun dibanjiri oleh kritikan dari para netizen dan menyayangkan mengapa anak sekecil itu harus sudah memakai behel.

"Bahaya banget ini," tulis seorang pengguna TikTok.

"Ku puter berkali-kali berharap itu behel edita apa filter gitu. Emaknya punya masalah apa sih?" tulis pengguna TikTok yang lainnya.

Seperti yang diketahui, behel merupakan alat yang digunakan untuk memperbaiki masalah pada gigi.

Bahaya anak balita pakai behel

Dokter Spesialis Gigi Anak dari RS Puri Cinere, drg. Annisa Rizki Amalia, Sp.KGA mengatakan bahwa anak mempunyai fase perkembangan rahang dan gigi geligi, susunan gigi di atas linggir tulang rahang.

"Di mana gigi susu yang tadinya rapat-rapat, akhirnya akan merenggang seiring pertumbuhan rahang si anak. Jadi semakin besar usia, rahang anak semakin berkembang. Sehingga gigi akan semakin jarang-jarang," kata dokter Annisa kepada GridHEALTH, Selasa (26/7/2022).

 Baca Juga: Karang Gigi Jangan Dibiarkan Menumpuk, Ini 4 Bahaya yang Mengintai

Dokter Annisa mengingatkan, pemasangan behel tak boleh dilakukan sembarangan dan harus dengan dokter gigi secara profesional.

Ia menegaskan, bahwa pemasangan behel pada balita tidak diperbolehkan. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan rahang dan giginya.