Find Us On Social Media :

Ciri dan Cara Mengobati Vagina Mirip Jengger Ayam, Bisa Dicegah

Bentuk vagina seperti jengger ayam bisa berbahaya. Bisa dicegah.

GridHEALTH.id - Wajar jika seorang wanita khawatirjika bentuk vaginanya v seperti jengger ayam.

Untuk diketahui, ciri vagina seperti jengger ayam, jika diluhat penampilannya tak ubahnya jengger ayam. Jengger ayam adalah yang ada di atas kepala ayam.

Penyebab vagina seperti jengger ayam bisa karena riwayat aktivitas seksual berisiko.

Karenanya bentuk vagina seperti jengger ayam dapat mengindikasikan adanya penyakit menular seksual.Jika ada kondisi seperti itu, maka ada kemungkinan mengalami kondiloma akuminata atau disebut juga kutil kelamin.

Biasanya penyakit ini memang menimbulkan kutil yang bentuknya mirip jengger ayam. Kondiloma akuminata disebabkan oleh infeksi human papillomavirus (HPV), yang biasanya menular akibat hubungan seksual berisiko, termasuk bergonta-ganti pasangan tanpa pengaman (kondom).

Selain menyebabkan kelamin berbentuk jengger ayam, kutil kelamin pun ini dapat menyerupai kembang kol.

Di awal, ukurannya kecil seperti benjolan biasa. Lama-kelamaan, bentuknya bisa semakin besar, berkumpul, dan mengganjal.

Baca Juga: Belasan Warga Tangerang Terkena Chikungnya, Ini 8 Cara Mencegahnya

Penggunaan sex toys yang tidak higienis dan aktivitas seks anal juga meningkatkan risiko terjadinya kutil kelamin.

Yang harus diperhatikan baik-baik, Kondiloma akuminata dapat berkembang menjadi kanker, baik itu kanker serviks maupun kanker penis.Apabila didiagnosis mengidap kutil kelamin, ada beberapa jenis pengobatan untuk kondisi tersebut, seperti berikut ini dilansir dari artikel yang ditulis oleh dr. Sara Elise Wijono MRes di klikdokter.com (2/02/2022): * Obat OlesObat oles ini diberikan langsung pada area miss v yang berbentuk seperti jengger ayam.Jenis obat yang digunakan, misalnya cairan podofilin, asam trikloroasetat (TCA), atau imiquimod.* PembedahanTerdapat beberapa macam teknik pembedahan yang bisa dipertimbangkan untuk membuang jaringan serupa jengger ayam pada miss V.Misalnya saja tindakan laser, kauterisasi (menghilangkan kutil dengan menggunakan arus listrik yang disesuaikan), atau eksisi dengan pisau bedah.

Baca Juga: Tahun Depan Seluruh Rumah Sakit Wajib Terhubung dengan SatuSehat, Ini Keuntungannya Bagi RS dan Pasien

Umumnya, tindakan dilakukan apabila pengobatan topikal (obat oles) kurang menunjukkan hasil maksimal.* Membekukan Kutil KelaminTindakan membekukan jengger ayam akan membuat jaringan abnormal ini rusak, sehingga pelan-pelan semakin mengecil.Umumnya zat pembeku yang digunakan adalah nitrogen cair, dan dioleskan langsung pada area jengger ayam. Tindakan ini dilakukan secara bertahap.