Find Us On Social Media :

Capai Target Cegah Stunting, Kemenko PMK Terapkan RAN PASTI, Seperti Apa?

Kemenko PMK terapkan RAN PASTI cegah stunting dan ajak universitas hingga swasta untuk selesaikan stunting.

GridHEALTH.id – Cegah stunting menjadi program yang diprioritaskan oleh Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) RI, selain program prioritas lainnya yaitu TBC.

Di mana ke depannya masalah pencegahan stunting ini akan dipimpin langsung oleh Kepala BKKBN dalam menyelesaikan dan menyusun strategi ke depan di lapangan.

Data stunting akan dihitung setiap tahunnya dan melibatkan lebih banyak jumlah rumah tangga yang akan digunakan untuk perhitungan angka stunting di Indonesia, dengan demikian pemerintah dapat terus memantau perkembangan langkah cegah stunting di Indonesia.

Data di tahun 2021, menyatakan Indonesia masih berada pada posisi 24,4% dari standar WHO yang berada pada presentase 20%.

Melihat data stunting di Indonesia tentu menjadi harapan baru bahwa masalah stunting sedikit demi sedikit dapat terselesaikan demi menuju Indonesia gemilang bebas stunting.

Namun, Indonesia sendiri memasang target berada pada presentase 14% di 2024 dalam cegah stunting dan menciptakan budaya tentang gizi sejak sebelum menikah hingga ingin memiliki anak, di tahun-tahun selanjutnya.

Cegah stunting adalah hal yang perlu dilakukan mengingat Indonesia akan menghadapi bonus demografi, sehingga diharapkan cegah stunting bisa membentuk kualitas generasi bangsa yang lebih baik.

Kemenko PMK RI melalui Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Pembangunan Kependudukan, drg. Agus Suprapto, M.Kes menyebutkan langkah strategis yang masih dilakukan pemerintah dalam cegah stunting adalah dengan RAN PASTI (Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Stunting).

RAN PASTI merupakan panduan dalam penanganan cegah stunting, khususnya untuk diterapkan oleh seluruh stakeholder terkait di tingkat daerah.

Baca Juga: Cegah Stunting, UGM Bersama Dengan Danone Luncurkan Buku Seri Cegah Stunting Untuk Edukasi Masyarakat

Penerapan RAN PASTI ini berskala nasional sehingga diharapkan dapat membawa signifikansi untuk mencapai target penurunan stunting yang telah ditetapkan presiden.

RAN PASTI dalam pelaksanaannya diprioritaskan pada 5 provinsi dengan jumlah absolut besar dan 7 provinsi dengan pravelensi yang tinggi, sehingga total ada 12 provinsi yang didorong, didekati, dan didampingi oleh pemerintah pusat dalam penerapan RAN PASTI.