Find Us On Social Media :

Fungsi Skin Barrier dan Penyebab Bisa Rusak, Diketahui dari Tanda-tanda Berikut Ini

Skin barrier yang rusak menunjukkan tanda-tanda ini, ketahuilah.

GridHEALTH.id - Skin barrier adalah lapisan kulit terluar dan pelindung jaringan di dalamnya dari seluruh tubuh.

Seiring dengan industri kecantikan yang tengah berkembang di Indonesia, masyarakat sudah mulai sadar akan pentingnya menjaga dan merawat kesehatan kulit, khususnya pada area wajah.

Saat ini sudah banyak produk yang dikatakan membantu untuk melindungi kulit, dan kulit yang selama ini dilindungi oleh produk-produk kecantikan adalah kulit terluar pada wajah, oleh karena itu kenalilah skin barrier pada kulit dan tanda kerusakan serta cara mengobati skin barrier yang rusak.

Skin Barrier adalah...

Manusia memiliki kulit yang terdiri dari beberapa lapisan untuk pelindung tubuh, di mana lapisan terluar atau stratum corneum terdiri dari sel-sel kulit keras yang disebut corneocytes dan terikat satu sama lain dengan adanya lipid (yang mengandung kolesterol, asam lemak, dan ceramide), susunan lapisan inilah yang disebut dengan skin barrier.

Stratum corneum yang disebut dengan skin barrier digambarkan sebagai dinding bata, karena berfungsi sebagai pelindung terluar dan penghalang dari kulit.

Pada lapisan di dalamnya lagi, maka akan ditemukan pelembap alami dan kandungan keratin dari dalam tubuh.

Fungsi Skin Barrier

Tanpa lapisan skin barrier ini maka segala racun dan patogen berbahaya dari lingkungan dapat menembus masuk ke kulit.

Baca Juga: Agar Dermatitis Atopik Tidak Menjadi Infeksi, Eksim Walau Tak Berbahaya Perlu Diobati

Selain sebagai penghalang agar kotoran dari luar tidak masuk ke dalam, skin barrier juga berfungsi untuk menghalangi kandungan air di dalam kulit agar tidak menguap dan menimbulkan dehidrasi.

Kadar asam dalam skin barrier membantu menahan terciptanya bakteri, virus, dan jamur yang berbahaya bagi kulit, sehingga saat terjadi luka, kadar asam ini juga yang membantu menyembuhkan luka.