Find Us On Social Media :

Dengan Bergetar Jokowi Sampaikan Krisis ke 3 yang Tengah Melanda, Ajak Suluruh Masyarakat Beroda

Jokowi ingatkan masyaraat bahwasannya kini dunia sedang dilanda krisis ke 3. Kelaparan dimana-mana.

GridHEALTH.id - Apa yang masyarakat rasakan saat ini, diketahui oleh Pemerintah.

Karenanya pemerintah mengajak kepada seluruh masyarakat Indonesia tanpa kecuali untuk berdoa kepada Tuhan Yang Maha Esa, supaya negara kita terhindar dari segala hal yang tidak diinginkan.

Jokowi dalam acara Zikir dan Doa Kebangsaan 77 Tahun Indonesia Merdeka, di Halaman Depan Istana Merdeka, Provinsi DKI Jakarta, 1 Agustus 2022, menyampaikan jika dunia saat ini tidak berada pada posisi yang baik-baik saja.

Setelah hampir dua setengah tahun dunia, seluruh negara mengalami sakit berbarengan, sakit bersama-sama karena pandemi COVID-19. Dan baru akan melakukan pemulihan, tapi muncul sesuatu yang dadakan yang tidak kita perkirakan sebelumnya.

Sakitnya belum sembuh, muncul yang namanya perang di Ukraina.

Sehingga semuanya menjadi bertubi-tubi, menyulitkan semua negara, hampir semua negara sekarang ini berada dalam posisi yang sangat sulit.

Karena aneka kondisi dan kejadian di atas, Jokowi dalam teks pidatonya menyebutkan, muncul krisis yang ketiga, yaitu krisis keuangan.

Beberapa negara yang tidak kuat, ambruk karena sudah tidak memiliki uang kes, baik untuk membeli energi (bensin dan gas) atau membeli pangan.

Sehingga kondisi saat ini 330 juta orang kelaparan. Dan mungkin enam bulan lagi bisa 800 juta orang akan kelaparan dan kekurangan makan akut karena tidak ada yang dimakan.

Baca Juga: Jangan Lagi Anggap Enteng Flu, 342.000 Kematian dari 2010 Hingga 2020

Oleh karenanya, "Marilah kita berdoa bersama, berzikir bersama memohon kepada Allah Swt. agar negara kita selalu dilimpahi oleh pangan dan energi dan kita tidak kekurangan akan hal itu. Dan kita berusaha berikhtiar bersama-sama agar kita justru melimpah dan bisa membantu negara-negara lain yang sedang kesulitan saat ini," papar Jokowi diakhir teks pidatonya.

Berikut teks pidato lengkap Jokowi, dilansir dari Setkab.go.id (1/08/2022).