Find Us On Social Media :

Perbedaan Diabetes Jenis Baru dengan Tipe 1 dan 2, Pernyebabnya Malnutrisi

Diabetes jenis baru disebabkan malnutrisi, banyak dialami masyarakat di negara berpenghasilan menengah dan rendah.

GridHEALTH.id - Diabetes atau sering disebut penyakit gula, bisa dialami oleh siapapun, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

Selama ini, penyakit diabetes yang diketahui secara luas oleh masyarakat adalah diabetes tipe 1 dan 2.

Akan tetapi, para ilmuwan belum lama ini menemukan diabetes jenis baru yang ternyata sudah dialami oleh jutaan orang di dunia.

Diterbitkan di jurnal Diabetes Care, para ilmuwan dari Einstein Global Diabetes Institute (EGDI) mengatakan diabetes jenis baru ini ditemukan di Afrika dan Asia.

Jenis baru dari penyakit diabetes ini memiliki hubungan dengan malnutrisi atau kekurangan nutrisi.

Meski begitu, para ilmuwan menegaskan bahwa diabetes jenis baru dialami oleh puluhan juta orang secara global.

"Literatur ilmiah saat ini tidak memberikan panduan dalam mengelola diabetes terkait malnutrisi, yang jarang terjadi di negara-negara berpenghasilan tinggi tetapi ada di lebih dari 60 negara berpengahasilan rendah dan menengah," kata Dr. Meredith Hawkins, profesor di EGDI, dikutip dari Scitechdaily.com, Selasa (2/8/2022).

Lebih lanjut, ia mengatakan kalau dokter-dokter di negara berpenghasilan menengah dan rendah, umumnya membaca literatur dari negara barat.

Hal ini membuat para ahli di negara tersebut tidak mempelajari lebih dalam jenis diabetes yang disebabkan malnutrisi.

Baca Juga: Mengantuk Setelah Makan Tidak Selalu Diabetes, Ini Penjelasannya

"Kami harap penemuan kami dapat meningkatkan kesadaran tentang penyakit ini (diabetes jenis baru), yang sangat menghancurkan bagi banyak orang dan akan membuka jalan bagi strategi pengobatan yang efektif," jelasnya.

Perlu diketahui, Meredith Hawkins dan timnya telah mempelajari tentang diabetes jenis baru ini sejak 12 tahun yang lalu.