Find Us On Social Media :

Mengenal Penyakit Autoimun Langka Vaskulitis, Penyebab Asthon Kutcher Lumpuh

Ashton Kutcher berjuang melawan penyakit autoimun langka selama dua tahun.

GridHEALTH.id - Penyakit vaskulitis yang dialami oleh aktor Hollywood Ashton Kutcher, sangat memengaruhi kehidupannya.

Suami Mila Kunis itu, mengatakan kalau dirinya sangat beruntung berhasil melawan penyakit autoimun langka yang dialaminya dua tahun lalu.

Ketika terserang penyakit vaskulitis, ia mengalami kelumpuhan sehingga tidak bisa mendengar, melihat, ataupun berjalan.

"Dua tahun lalu, saya mengalami (kondisi) aneh, sangat langka dari vaskulitis, melumpuhkan penglihatan, pendengaran, dan semua keseimbangan saya," ujar Ashton Kutcher dikutip dari Yahoo News, Rabu (10/8/2022).

Karena penyakit vaksulitis yang merupakan autoimun langka, Asthon Kutcher butuh waktu sekitar satu tahun untuk mengembalikan kemampuan seluruh inderanya.

Apa itu vaksulitis?

Dilansir dari Arthritis Foundation, vaskulitis adalah salah satu penyakit autoimun yang menyebabkan peradangan dan penyempitan pembuluh darah.

Lantaran ini merupakan salah satu penyakit autoimun, maka penyebab utamanya adalah sistem imun yang menyerang pembuluh darah karena dikira sebagai zat asing.

Seseorang yang punya riwayat penyakit rematik lain, seperti rheumatoid arthritis, lupus eritematosus sistemik, atau sindrom Sjogrens juga berisiko mengalami vaskulitis.

Baca Juga: 5 Penyebab Rambut Kemaluan Rontok, Bisa Jadi Tanda Penyakit Autoimun!

Ada juga pemicu vaskulitis lainnya yang tidak boleh disepelekan, misalnya infeksi hepatitis B atau C maupun efek samping pengobatan yang berhubungan dengan kanker darah tertentu.

Gejala vaskulitis