Find Us On Social Media :

9 Pengobatan Rumahan Untuk Mengatasi Sariawan di Mulut dan Bibir

Berkumur dengan air garam dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan mengatasi sariawan.

GridHEALTH.id - Sariawan mulut, juga disebut kandidiasis oral, adalah infeksi jamur pada mulut. Itu terjadi ketika ada penumpukan jamur Candida albicans di lapisan mulut.  Sariawan mulut dapat terjadi pada orang dewasa atau anak-anak.

Jika menderita sariawan, kita memerlukan obat antijamur. Namun, kita dapat membantu mengelola gejala yang mengganggu dengan pengobatan rumahan juga.

Sangat penting untuk mengobati sariawan sesegera mungkin untuk menghindar dari infeksi. Dokter sering meresepkan obat antijamur dalam bentuk obat kumur, pil, atau pelega tenggorokan.

Kasus sariawan ringan seringnya dapat hilang dengan sendirinya. Tetapi pengobatan rumah berikut, yang digunakan selain obat antijamur, dapat membantu meringankan gejala infeksi.

1. Air garam

Garam memiliki sifat antiseptik, pembersihan, dan menenangkan. Ini menjadikannya obat rumah yang umum untuk banyak masalah mulut.  Membilas mulut dengan air garam dapat membantu meredakan gejala sariawan.

Larutkan 1/2 sendok teh garam dalam 1 gelas air hangat. Kumur dengan air garam.

2. Soda kue

Membilas mulut dengan soda kue (natrium bikarbonat) dapat membantu mengobati sariawan. Dalam sebuah studi tahun 2009, peneliti melihat efektivitas natrium bikarbonat sebagai desinfektan Candida albicans yang menempel pada resin akrilik.

Tes ini dimaksudkan untuk mensimulasikan desinfektan gigi palsu setiap hari. Para peneliti menyimpulkan bahwa, meskipun bukan bentuk disinfektan yang paling efektif, soda kue adalah bisa digunakan.

Larutkan 1/2 sendok teh soda kue dalam 1 gelas air hangat. Kumur bilas ke seluruh mulut.

3. Yoghurt