Find Us On Social Media :

Indovac Pilihan Nama dari Jokowi Untuk Vaksin Covid-19 Buatan BUMN, Siap Edar September 2022

Jokowi berikan nama Indovac sebagai nama vaksin Covid-19 buatan dalam negeri BUMN, Bio Farma yang diusahakan siap edar bulan September 2022.

GridHEALTH.id - Indovac menjadi nama yang dipilih oleh Presiden Jokowi untuk menyebut vaksin Covid-19 produksi dalam negeri.

Indovac kepanjangan dari Indonesia Vaccine telah menggantikan nama sebelumnya yang hanya disebut dengan vaksin BUMN.

Tepat sebulan lalu, Jokowi telah memberikan nama Indovac untuk vaksin Covid-19 yang diproduksi di dalam negeri oleh BUMN, Bio Farma.

Pemberian nama Indovac oleh Jokowi dalam vaksin Covid-19 buatan Bio Farma ini telah dibenarkan langsung oleh Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, seperti yang dilansir dari Merdeka (22/08/2022).

"Kita lagi kembangkan vaksin Covid-19, sementara namanya vaksin BUMN, tapi sebulan lalu sudah dikasih nama oleh Presiden, namanya Indovac," katanya.

Selain membahas mengenai pemberian nama vaksin BUMN menjadi Indovac oleh Jokowi, Honesti Basyir juga menyebutkan kemungkinan siap edar vaksin ini pada September 2022.

Siap edar ini sebagai izin penggunaan darurat (emergency use authorization/EUA) dari BPOM kepada Bio Farma.

Target ini disebutkan oleh Honesti mengingat BUMN sudah melalui tahap audit dari BPOM dan MUI.

"Kami sudah diaudit oleh BPOM dan MUI. Itu sudah memenuhi kriteria, Insya Allah kita sudah dapatkan (izin EUA dari BPOM) di pertengahan September paling lambat," ujar Honesti dikutip dari Kompas.com (22/08/2022).

Selain itu proses registrasi pun sudah hampir selesai dari Bio Farma kepada BPOM.

Honesti juga menyebutkan saat ini vaksin BUMN, Indovac ini sudah dalam tahap sedang menjalani uji klinis fase III.

Baca Juga: Sudah Vaksin Booster Tapi Sertifikat Tidak Keluar? Ini 3 Cara Klaimnya