Find Us On Social Media :

Inilah 5 Obat Kolesterol di Apotek Lengkap dengan Harganya, Butuh Resep Dokter!

Daftar obat kolesterol di apotek dan harga jualnya.

GridHEALTH.id – Kolesterol adalah zat lilin yang berada di seluruh sel dalam tubuh. Organ hati dan beberapa produk makanan seperti daging serta produk susu, yang menjadi penghasil kolesterol.

Kolesterol dibutuhkan oleh tubuh agar bisa berkerja dengan baik. Namun, kadarnya yang tidak terkontrol juga kurang baik bagi kesehatan.

Dilansir dari laman p2ptm.kemkes.go.id, kadar kolesterol total seseorang tinggi jika saat diukur lebih dari 240 mg/dL, sedangkan normalnya kurang dari 200 mg/dL.

Yang dimaksud dengan kolesterol total adalah gabungan dari kolesterol baik (HDL), kolesterol jahat (LDL), dan trigliserida dalam darah.

Obat kolesterol di apotek

Dokter akan meresepkan obat kolesterol, apabila sudah mengubah gaya hidup dan pola makan lebih baik, tapi level kolesterol tetap tinggi.

Selain itu, obat kolesterol juga diberikan jika terdapat risiko tinggi terjadinya serangan jantung atau jatuh stroke.

Berikut ini daftar obat kolesterol di apotek dan harga terbarunya.

1. Simvastatin

Melansir laman GoodRx, simvastatin adalah obat kolesterol yang paling sering disarankan pada orang dengan kadar kolesterol tinggi atau penyakit jantung.

Obat kolesterol ini juga digunakan oleh mereka yang berisiko tinggi mengalami penyakit jantung, seperti pengidap diabetes, meskipun memiliki kadar kolesterol yang normal.

Baca Juga: Waktu Minum Obat Kolesterol Simvastatin yang Tepat, Jangan Sampai Salah