Find Us On Social Media :

Penyebab Kutil di Kulit dan Cara Menghilangkan Kutil Sampai ke Akar

Kutil ada banyak penyebabnya, maka untuk menghilangkannya lakukan cara ini agar kutil diobati sampai ke akar.

GridHEALTH.id - Pertumbuhan kutil pada kulit seringkali tidak disadari oleh seseorang karena ukurannya kecil dan terlihat sepele.

Bagi beberapa orang, kutil seringkali menjadi masalah yang sepele namun mengganggu karena seringkali numbuh di lokasi yang tidak diinginkan, seperti di muka.

Untuk menghindari pertumbuhan kutil, maka sebaiknya mengenal apa saja yang menyebabkan kutil tumbuh dan jika ingin menghilangkannya langkah terbaik apa yang harus dilakukan.

Kutil sendiri dikenal juga dalam bahasa medis sebagai veruka atau benjolan kecil yang berisi daging atau selaput lendir pada kulit.

Kondisi ini disebabkan oleh adanya human papillomavirus (HPV), yang terdapat 350 jenis virus ini sehingga dapat menyebabkan pertumbuhan kutil yang berbeda-beda.

Biasanya pertumbuhan kutil tidak menimbulkan rasa sakit, tetapi untuk mengobatinya seringkali sulit dan sering kambuh kembali.

Berbagai jenis kutil biasanya berwarna sesuai dengan kulit, namun juga umumnya berwarna putih, merah muda, kuning, coklat, dan pada beberapa jenis kutil ada yang mengandung titik hitam kecil.

Ada banyak penyebab dari tumbuhnya kutil di kulit, yaitu:

1. Infeksi HPV

Berikut ini beberapa jenis kutil yang disebabkan oleh adanya infeksi HPV dari beragam jenis virusnya, antara lain:

- Kutil biasa/verrucae vulgaris 

Baca Juga: Menggunting Kutil Berbahaya, Lebih Baik Obati dengan 7 Pengobatan Rumahan Ini