Find Us On Social Media :

Ratusan Anak di India Terjangkit Flu Tomat, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya

Demam dan ruam gejala awal flu tomat yang harus diwaspadai.

GridHEALTH.id – Kewaspadaan orangtua dalam menjaga kesehatan anak perlu ditingkatkan lagi. Selain Covid-19 atau cacar monyet yang sedang mewabah, orangtua juga harus berhati-hati dengan penyakit flu tomat.

Di India, sudah ada lebih dari 100 anak yang terjangkit flu tomat. Rata-rata usia mereka di bawah 9 tahun.

Dilansir dari Mint, Selasa (23/8/2022), kasus flu tomat dilaporkan terjadi di wilayah Kerala, Tamil Nadu, Haryana, dan Odisha.

Flu tomat pertama kali teridentifikasi pada Mei lalu, di mana sekitar 82 anak berusia di bawah 5 tahun dari distrik Kerala terinfeksi.

“Penyakit virus endemik ini memicu peringatan ke negara bagian tetangga Tamil Nadu dan Karnataka. Selain itu, 26 anak (usia 1-9 tahun) telah dilaporkan menderita penyakit ini di Odisha oleh Pusat Penelitian Medis Regional di Bhubaneswar,” kata Menteri Kesehatan India.

“Hingga saat ini, selain Kerala, Tamil Nadu, Haryana, dan Odisha, tidak ada daerah lain di India yang melaporkan penyakit di negara bagian mereka oleh virus tersebut,” sambungnya.

Penyakit ini dinamakan flu tomat, karena gejala awalnya menyebabkan munculnya ruam kemerahan yang berbentuk seperti tomat di kulit.

Gejala flu tomat

Selain ruam yang mirip seperti tomat, gejala lain dari flu tomat yang dialami oleh anak-anak usia 1-9 tahun di India adalah seperti berikut.

1. Demam.

2. Kelelahan.

Baca Juga: Banyak Balita di India Terserang 'Flu Tomat', Waspadai Gejalanya Ini