Find Us On Social Media :

Muncul Kutil di Ketiak Berbahaya? Jangan Disepelekan! 10 Bahan Alami Ini Bisa Menghilangkannya

Kutil di ketiak bisa menular tapi tidak berbahaya. Bisa diobati dengan 10 bahan alami berikut ini.

GridHEALTH.id - Kutil adalah benjolan atau pertumbuhan kulit berlebih yang umumnya disebabkan oleh virus bernama Human Papillomavirus (HPV).

Bentuk kutil sering kali mirip seperti kembang kol dan tergolong tumor jinak.

Dalam bahasa medis kutil sering kali disebut sebagai papiloma, yakni sejenis tumor pada kulit yang tidak membahayakan (jinak). Pada sebagian kasus, kutil dapat menyebar ke berbagai macam bagian tubuh lainnya.

Jadi kutil pun bisa muncul di ketiak.

Secara umum, berikut adalah jenis-jenis kutil yang berada di ketiak, dilansir dari Kumparan.com (12/08/2022):* Common warts, yakni jenis kutil biasa yang memiliki tekstur benjolan yang tebal dan kasar. Meskipun jarang ditemukan di ketiak, kutil jenis ini bisa saja tumbuh di bagian tersebut.

* Verrucas, yakni jenis kutil yang biasanya memiliki titik hitam di tengah dan dikelilingi oleh bagian putih yang mengeras.

* Plane warts, yakni jenis kutil yang memiliki bentuk bulat dan datar. Jenis kutil ini biasanya memiliki warna kekuningan, kecoklatan, atau menyesuaikan warna kulit penderitanya.

* Filiform warts, yakni jenis kutil yang memiliki bentuk yang menonjol dan panjang. Jenis kutil ini banyak ditemukan di daerah ketiak, leher, dan kelopak mata.Penyebab kutil di ketiak biasanya disebabkan oleh infeksi dari Human Papilloma Virus (HPV).

Dalam jurnal Human Papillomavirus (HPV), HPV-Related Disease, and the HPV Vaccine karya Kari P Braaten dan Marc R Laufer, virus papiloma adalah jenis virus yang menyebabkan proliferasi epitel.

Baca Juga: Bukan Antibiotik, Ternyata Inilah Obat Efektif Untuk Batuk Pilek

Virus ini ditularkan melalui kontak langsung dari kulit dan kulit. Apabila kulit menyentuh bagian kulit terinfeksi.

Karenanya kutil di ketiak memungkinkan terjadinya penularan dan menginfeksi bagian kulit lain atau orang lain.