Find Us On Social Media :

Manfaat Seks Bagi Penyitas Hipertensi yang Jarang Disadari dan Diketahui

Ada manfaat spesial bagi pendeirta hipertensi jika melakukan seks secara teratur.

GridHEALTH.id - Hipertensi merupakan suatu keadaan meningkatnya tekanan darah sistolik lebih dari sama dengan 140 mmHg, dan diastolik lebih dari sama dengan 90 mmHg setelah dua kali pengukuran terpisah.

Hipertensi dapat diklasifikasikan menjadi dua jenis yaitu hipertensi primer atau esensial yang penyebabnya tidak diketahui, dan hipertensi sekunder yang dapat disebabkan oleh penyakit ginjal,penyakit endokrin, penyakit jantung, dan gangguan anak ginjal.

Hipertensi seringkali tidak menimbulkan gejala, sementara tekanan darah yang terus-menerus tinggi dalam jangka waktu lama dapat menimbulkan komplikasi.

Oleh karena itu, hipertensi perlu dideteksi dini yaitu dengan pemeriksaan tekanan darah secara berkala.

Mereka yang menderita hipertensi, tentu pola hidupny aharus diatur, mulai dari aktivitas, juga makanan, dan istirahatnya.

Baca Juga: Resep Obat Herbal Penurun Kolesterol dr. Zaidul Akbar, Mudah Dibuat di Rumah

Bagaimana dengan seks pada penyintas hipertensi?Melansir Mayo Clinic, riset membuktikan bahwa tekanan darah tinggi terbukti menimbulkan masalah seksual bagi pria.Bagi pria, terkanan darah tinggi seiring berjalannya waktu bisa merusak lapisan pembuluh darah dan menyebabkan arteri mengeras dan menyempit.

Hal tersebut bisa menghambat aliran darah menuju ke penis. Karenanya pria yang mengalami hipertensi sulit mencapai dan mempertahankan ereksi. Kondisi ini disebut disfungsi ereksi.Terkadang, disfungsi ereksi juga disertai gangguan kecemasan. Hal itu membuat sebagian pria penderita hipertensi menghindari berhubungan seksual.

Baca Juga: Vaksin Cacar Monyet Diberikan Akhir 2022, Terbatas Hanya Untuk Kelompok Masyarakat Ini yang Mendapatkannya

Tapi bagi penyintas hipertensi wanita, dampak pada kehidupan seksual wanita belum ditemukan kaitan langsungnya.

Hanya saja kemungkinan hipertensi memengaruhi aktivitas bercinta wanita.Sebab tekanan darah tinggi dapat mengurangi aliran darah ke vagina.Bagi beberapa wanita, kondisi ini bisa menurunkan hasrat atau gairah seksual, vagina jadi kering, dan susah orgasme. Pun wanita penyintas hipertensi bisa mengalami gangguan kecemasan karena disfungsi seksual.

Pengaruh Hipertensi terhadsp Seks