Find Us On Social Media :

Inilah Perubahan Pola Hidup yang Harus Dilakukan oleh Penderita Asam Urat

Asam urat dapat diobati tanpa obat dengan cara perubahan gaya hidup, seperti olahraga ringan dengan berjalan kaki.

GridHEALTH.id - Peradangan pada sendi yang seringkali menyakitkan dan kambuhan sering dikenal dengan sebutan asam urat.

Asam urat dapat dicegah kekambuhannya, meskipun bukan untuk mengobati asam urat dengan cara merubah pola hidup yang dapat membantu mengontrol kadar asam urat dalam darah.

Cobalah untuk merubah pola hidup, agar penderita asam urat dapat meminimalisir kekambuhan dan mengkonsumsi obat-obatan asam urat.

Inti dari perubahan pola hidup ini adalah untuk mencapai dan menjaga keseimbangan berat badan, membiasakan pola makan sehat, membatasi asupan purin, dan mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kadar asam urat.

Berikut ini beberapa perubahan pola hidup yang harus dilakukan bagi penderita asam urat, jika tidak ingin kembali kambuh, yaitu:

1. Mencegah konsumsi purin berlebih

Kandungan purin yang terlalu banyak dalam tubuh akan membuat asam urat dengan mudah kambuh, sehingga batasi konsumsi purin menjadi cara baik untuk mencegah asam urat.

Beberapa jenis makanan dan minuman yang perlu dihindari karena mengandung tinggi purin adalah daging merah, jeroan, makanan laut (sarden, lobster, udang), makanan siap jadi, makanan bergula, 

2. Diet

Ada beberapa jenis diet yang bisa dilakukan untuk mengontrol kandungan asam urat di dalam darah, diantaranya:

- Diet DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension), dengan pola diet ini maka seorang penderita asam urat akan berfokus untuk mengkonsumsi makanan yang rendah purin, lemak, dan natrium, sehingga kesehatan keseluruhan juga bisa didapatkan.

Baca Juga: Jenis Makanan yang Perlu Dikonsumsi dan Dihindari Bagi Penderita Asam Urat, Ubah Pola Hidup Sehat