Find Us On Social Media :

Jenis Olahraga Terbaik Untuk Penderita Asam Urat, Aman Dilakukan dan Turunkan Kadar Asam Urat

Penderita asam urat jangan lupa berolahraga, inilah jenis olahraga yang aman dilakukan.

GridHEALTH.id - Memiliki asam urat yang seringkali kambuh, membuat banyak orang jadi melupakan olahraga, karena khawatir serangan tiba-tiba dari asam urat.

Meskipun olahraga tidak dapat mengobati secara langsung saat terjadi serangan, tetapi olahraga dan gaya hidup sehat bisa dijadikan sebagai alat pencegahan.

Sehingga manfaat yang dirasakan adalah tidak hanya mengurangi frekuensi kekambuhan yang berulang, tetapi juga manfaat kesehatan secara keseluruhan.

Penderita asam urat juga perlu memperhatikan jenis olahraga yang dipilih agar tetap aman dan menghindari peradangan pada sendi yang semakin parah.

Pertolongn Pertama Saat Asam Urat Kambuh

Saat asam urat kambuh, memang cara terbaik untuk meredakannya adalah dengan mengistirahatkan persendian, khususnya pada bagian asam urat.

Biasanya dengan mengompres menggunakan es batu selama 20 menit bisa membantu meredakan nyeri akibat peradangan.

Ketika sendi sudah mulai biasa saja di hari-hari berikutnya, maka seorang penderita asam urat tidak dilarang untuk mulai berolahraga.

Dengan olahraga akan membantu penderita asam urat mengurangi rasa sakit, meningkatkan kemampuan bergerak, dan lebih bersemangat.

Olahraga yang teratur juga bisa mengurangi berat badan, di mana berat badan yang ideal sangat penting untuk penderita asam urat jika tidak ingin kambuhan.

Berolahraga juga dianggap bisa mengurangi rasa sakit dari asam urat, karena dengan olahraga seseorang bisa mengatasi tingkat stresnya, yang akan membantu mencegah kekambuhan asam urat.

Selain itu, olahraga juga bermanfaat jangka panjang untuk penderita asam urat, karena akan membantu mengurangi risiko penyakit jantung, salah satu penyakit dengan risiko besar bagi penderita asam urat.