Find Us On Social Media :

Pneumonia Misterius di Argentina Sudah Telan Korban, Epidemiolog Ingatkan Masyarakat Indonesia

Kasus pneumonia misterius di Argentina masih dicari tahu penyebabnya.

GridHEALTH.id – Pemerintah Argentina melaporkan telah ditemukan penyakit pneumonia misterius di negara tersebut.

Sejauh ini, sudah tiga orang yang dikonfirmasi meninggal dunia karena penyakit pernapasan tersebut di sebuah klinik yang letaknya 800 mil dari Buenos Aires, ibu kota Argentina.

Dari 9 orang yang terinfeksi, mengalami kondisi yang mirip dengan Covid-19. Akan tetapi, hasil tes mereka negatif.

“Kesamaan pasien ini adalah kondisi pernapasan parah dengan pneumonia bilateral dan kompromi dalam gambar (X-ray) yang sangat mirip dengan Covid-19, tetapi itu dikesampingkan,” kata Luis Medina Ruiz, menteri Kesehatan Tucuman, dikutip dari Buenos Aires Times, Jumat (2/9/2022).

Berdasarkan informasi yang tersedia, pasien yang terinfeksi delapan di antaranya merupakan tenaga medis yang berkerja di klinik San Miguel de Tucuman.

Kematian akibat pneumonia misterius terjadi pada Senin (29/8/2022), dua hari kemudian seorang pasien juga meninggal dunia.

Wanita berusia 70 tahun yang diduga kuat sebagai pasien pneumonia misterius pertama, meninggal dunia pada Kamis (1/9/2022) kemarin.

Untuk mencari tahu penyebabnya, pemerintah setempat segera melakukan analisis terhadap unit air dan saluran pendingin udara. Faktor risiko keracunan dan pengaruh lingkungan masih belum disingkirkan.

Belum ada bukti penularan antar manusia

Hector Sale, presiden perguruan tinggi kedokteran provinsi Tucuman mengatakan bahwa saat ini belum ada bukti konklusif penularan dari manusia ke manusia.

Pasalnya hingga saat ini, pakar kesehatan di sana belum menemukan adanya kasus di antara pasien yang berhubungan dekat.

Baca Juga: Orang yang Tidak Menjaga Kesehatan Gigi, 86% Lebih Tinggi Berisiko Terkena Pneumonia