Find Us On Social Media :

Bukan Cuma Faktor 'U', Ada Penyebab Lainnya dari Nyeri Punggung Bawah dan Cara Aman Mengatasinya

Nyeri punggung bawah ada banyak penyebab lainnya, tidak hanya karena faktor 'U', kenali cara aman mengatasinya.

GridHEALTH.id - Merasakan nyeri pada bagian punggung bawah sebenarnya digolongkan sebagai penyakit yang umum.

Bahkan banyak juga yang mengklasifikasikan nyeri punggung bawah sebagai faktor 'U' atau faktor usia.

Padahal jika dilihat lebih jauh, ada banyak penyebab lainnya dari nyeri punggung bawah, mari mengenali penyebab lainnya dan cara aman untuk mengatasi nyeri punggung bawah. 

Rasa nyeri pada punggung bawah bisa berkisar dari ringan hingga berat, dalam kasus ringan maka nyeri punggung bawah cukup diatasi dengan istirahat.

Akan tetapi dalam kasus nyeri punggung bawah yang berat bisa sampai membuat seseorang menjadi sulit berjalan, tidur, bekerja, atau pun melakukan aktivitas sehari-hari.

Data dari Klinik Cleveland menyebutkan bahwa nyeri punggung bawah menjadi penyakit yang umum dirasakan, karena empat dari lima orang mengalaminya.

Ada beberapa faktor risiko seseorang dapat merasakan nyeri punggung bawah, diantaranya yaitu:

1. Usia - Biasanya memang orang yang lanjut usia atau dimulai dari sekitar usia 30 tahun ke atas lebih berisiko merasakan nyeri punggung bawah, tetapi sebenarnya nyeri ini dialami oleh siapa saja.

2. Berat badan - Faktor berat badan juga mempengaruhi kondisi kesehatan pada punggung bawah, karena dengan berat badan berlebih akan memberikan tekanan yang lebih juga pada area punggung.

3. Kesehatan secara keseluruhan - Kesehatan secara keseluruhan mempengaruhi kondisi seseorang, termasuk orang yang mudah stres juga lebih berisiko merasakan nyeri ini.

4. Pekerjaan dan gaya hidup - Seseorang yang memiliki pekerjaan yang mengharuskan angkat beban berat dapat berisiko lebih tinggi terkena nyeri punggung bawah, ditambah dengan gaya hidup seperti merokok dan sering mengkonsumsi alkohol.

Baca Juga: Healthy Move, William Flexion Back Exercise Untuk Meredakan Nyeri Punggung Bawah