Find Us On Social Media :

Prostate Cancer Awareness Month , Tidak Perlu ke Luar Negeri, Operasi Kanker Prostat dengan Robot Bisa Dilakukan di Indonesia

Indonesia sudah bisa melakukan penanganan prostat dengan teknologi robotik di RSU Bunda - Jakarta Pusat.

GridHEALTH.id - Teknologi bedah robotik untuk penanganan gangguan prostat yang terus berkembang di seluruh dunia kini dapat dilakukan di Indonesia.

Teknologi yang digunakan mulai dari biopsi prostat robotik sampai dengan operasi radikal prostatektomi ini memiliki banyak keunggulan guna meningkatkan kualitas penanganan prostat di Indonesia.

Tersedianya teknologi bedah robotik di Indonesia yang didukung oleh SDM yang kompeten tentu saja merupakan informasi yang menggembirakan, oleh karena itu masyarakat dihimbau untuk tidak perlu lagi ke luar negeri demi mendapatkan penanganan gangguan prostat.

Di Indonesia, RSU Bunda Jakarta Urology Center merupakan pelopor teknologi bedah robotik ini.

Dr. Sigit Sholichin, Sp.U, FICRS, dokter Spesialis Urologi RSU Bunda Jakarta dalam Virtual Media Briefing 'Robotic Radical Prostatectomy. Tidak Perlu ke Luar Negeri Lagi, Operasi Kanker Prostat Bisa dengan Robotik' (01/09/2022) mengatakan,  “Dengan semakin meningkatnya angka harapan hidup pria, maka muncul masalah yang berkaitan dengan Aging Male Process.

Tantangan yang dihadapi adalah bagaimana kualitas hidup tetap baik dalam usia yang semakin tua. Gangguan prostat merupakan salah satu gangguan terbanyak di bidang urologi yang terjadi pada pria dalam fase ini.

Sebagian besar berupa pembesaran prostat bersifat jinak atau Benign Prostate Hyperplasia (BPH) yang tidak mengancam nyawa tapi cukup mengganggu kualitas hidup pasien.

Di lain pihak, meskipun tidak sebanyak pembesaran prostat jinak, pembesaran prostat yang bersifat ganas atau kanker prostat harus lebih diwaspadai.

Bulan September telah dicanangkan sebagai Prostate Cancer Awareness Month di seluruh dunia.

“Deteksi dini menjadi kunci keberhasilan penanganan kanker prostat. Secara umum, semakin dini penanganan kanker dilakukan, maka akan semakin tinggi pula angka keberhasilannya. Dari deteksi dini, sebagian kecil ditemukan sebagai kanker prostat, selebihnya adalah gangguan prostat yang bersifat jinak,” jelasnya.

Ia mengatakan, “RSU Bunda Jakarta melalui Urology Center menawarkan satu layanan penanganan Gangguan Prostat dalam satu paket layanan yang terintegrasi mulai dari diagnostik sampai terapi yang mutakhir.

Dimulai dari konsultasi di klinik oleh dokter spesialis yang kompeten dengan fasilitas lengkap. Layanan diagnostik dengan fasilitas Radiology Diagnostic yang bisa melakukan MRI prostat, hingga tindakan biopsi prostat dengan akurasi tinggi menggunakan alat Robotic Prostate Biopsy.