Find Us On Social Media :

Virus Monkeypox Berpotensi Menyebabkan Komplikasi Jantung, Waspada

Studi terbaru mengatakan, virus monkeypox juga dapat menyebabkan masalah jantung.

GridHEALTH.id- Bisakah monkeypox (cacar monyet) menyebabkan masalah jantung? Satu studi kasus mengatakan kemungkinan ini bisa terjadi.

Sebuah studi kasus baru menunjukkan bahwa masalah jantung terkadang merupakan komplikasi akibat infeksi cacar monyet. 

Sementara monkeypox terutama diketahui menyebabkan lepuh dan ruam, sebuah laporan kasus baru menunjukkan bahwa virus tersebut juga dapat menyebabkan masalah jantung.

Seorang pasien dengan monkeypox harus dirawat di unit gawat darurat 8 hari setelah gejalanya pertama kali dimulai.

Pengujian mengungkapkan bahwa pasien mengalami peradangan jantung, dan dokter kemudian mendiagnosis miokarditis akut.

Sama seperti SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan Covid-19, seiring berjalannya waktu dan virus terus menyebar, para pejabat menemukan lebih banyak kemungkinan gejala dan komplikasi yang dapat disebabkan oleh cacar monyet.

Dalam sebuah laporan yang muncul di JACC: Case Reports, para peneliti membahas kasus cacar monyet yang mungkin terkait dengan miokarditis akut, yang terjadi ketika miokardium yakni otot jantung, meradang.

Meskipun ini berpotensi menjadi kondisi yang mengancam jiwa dalam keadaan yang lebih parah, pasien, dalam kasus ini, sembuh total.

Untuk diketahui, monkeypox adalah virus zoonosis, artinya merupakan jenis virus yang dapat menyebar antara hewan dan manusia. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), monkeypox termasuk dalam keluarga virus yang sama dengan virus variola, yang menyebabkan cacar.

Monkeypox telah ada selama beberapa dekade, tetapi kasusnya terutama terbatas pada berbagai wilayah di Afrika. Namun, monkeypox mulai membuat berita selama beberapa bulan terakhir ketika ada wabah virus yang dengan cepat menyebar ke luar Afrika.

Sejak itu, kasus cacar monyet terus meningkat, dengan CDC melaporkan sekitar 52.000 kasus cacar monyet di seluruh dunia, termasuk hampir 19.500 di Amerika Serikat. Virus ini telah dikaitkan dengan 15 kematian di seluruh dunia, termasuk satu di Texas bulan Juli 2022.

Beberapa tanda dan gejala cacar monyet meliputi ruam, melepuh, demam, panas dingin dan kekelalahan.