Find Us On Social Media :

7 Gejala Umum Kolesterol Tinggi, Kaki Kesemutan Salah Satunya

Kadar kolesterol tinggi menyebabkan penderitanya mengalami kaki kesemutan.

GridHEALTH.id – Mengetahui gejala-gejala awal kolesterol tinggi sangat penting agar bisa cepat mengembalikan kadarnya menjadi normal, dengan minum obat kolesterol atau mengubah gaya hidup.

Kolesterol dalam darah merupakan bagian dari lemak alami yang dibutuhkan tubuh untuk bisa berfungsi dengan baik.

Zat lilin ini, diperlukan tubuh untuk menghasilkan hormon seperti estrogen dan testoteron, serta membran sel dan vitamin D.

Dilansir dari laman Canada.ca, sekitar 80% kolesterol dihasilkan oleh tubuh secara alami dan sisanya berasal dari makanan sehari-hari misalnya ikan, daging, kuning telur, hingga produk susu.

Terdapat dua kategori kolesterol dalam darah, yakni kolesterol baik (HDL) dan kolesterol jahat (LDL). Bila LDL yang jumlahnya tinggi, maka dapat membahayakan tubuh.

Membuat seseorang berisiko terkena penyakit jantung hingga stroke. Kondisi yang terbaik adalah saat kolesterol baik lebih tinggi kadarnya, dibanding kolesterol jahat.

Gejala umum kolesterol tinggi

Untuk mencegah terjadinya kondisi serius yang tidak diinginkan, perhatikan kondisi berikut yang menjadi ciri kolesterol naik.

1. Kaki kesemutan

Dilansir dari St. Paul’s Pace, kolesterol tinggi menyebabkan kaki kesemutan dan terasa nyeri, sehingga sulit berjalan dengan baik. Kondisi disebabkan oleh arteri di kaki yang tersumbat, sehingga aliran darah terhalang.

Gejala kolesterol tinggi di kaki yang lainnya, yakni sensasi dingin, kram, dan luka yang sulit untuk disembuhkan.

Baca Juga: 5 Obat Kolesterol Apotek, Lengkap dengan Harga dan Efek Sampingnya