Find Us On Social Media :

Begini Cara Cek Penerima Bansos PBI JK, Untuk Iuran BPJS Gratis, Jangan Sampai Terlewat!

Cek daftar penerima bansos PBI JK sekarang! Sehingga tidak perlu lagi bayar iuran BPJS.

GridHEALTH.id - Bansos PBI JK menjadi salah satu cara pemerintah melalui Kementrian Sosial (Kemensos) RI untuk membantu masyarakat kurang mampu dalam hal kesehatan.

Pemberian Bansos PBI JK ini hanya diberikan kepada masyarakat yang memenuhi syarat dan sesuai dengan data Kemensos.

Sehingga untuk yang ingin mengecek termasuk dalam daftar penerima Bansos PBI JK atau tidak, bisa melihat petunjuk di bawah ini.

Apa itu Bansos PBI JK?

Bansos PBI JK adalah program Kemensos RI terkait kesehatan, dengan kepanjangannya Bantuan Sosial Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI JK).

Melansir dari laman resmi Kemensos RI disebutkan, pemberian Bansos PBI JK ini akan disesuaikan dengan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang berisi tentang data kemiskinan di Indonesia.

Verifikasi dan validasi data kemiskinan melalui DTKS sudah diatur dalam UU No 13 Tahun 2011 terkait Penanganan Fakir Miskin Kementrian Sosial, sehingga penyaluran berbagai bansos dan subsidi pemerintah bisa tepat sasaran.

Manfaat Bansos PBI JK

Seseorang yang terdaftar ke dalam penerima Bansos PBI JK, maka akan dapat mengakses layanan kesehatan secara gratis menggunakan BPJS.

Iuran BPJS pun tidak perlu dibayarkan karena akan disubsidi oleh pemerintah melalui Bansos PBI JK ini.

Bansos PBI JK ini tidak diserahkan langsung dalam bentuk uang ke penerima, tetapi Kemenkes-lah yang akan memberikan dana tersebut langsung ke penyedia layanan kesehatan yang diakses.

Baca Juga: Cek ATM, Berikut Daftar Bansos September 2021, Bantuan UKT Kuliah Cair