Find Us On Social Media :

Begini Cara Mengenali Gejala Jantung Bocor dan Cara Mengatasinya

Jantung bocor merupakan fenomena kesalahan dalam aliran darah di jantung (regurgitasi). Kenali gejalanya.

GridHEALTH.id - Jantung kita bekerja keras, berdetak lebih dari 100.000 kali dan memompa sekitar 2.000 galon darah setiap hari. Pada siang hari, kita tidak terlalu memikirkan jantung kita, sampai itu mulai memberi kita masalah, seperti "jantung yang bocor."Apa artinya memiliki katup jantung bocor. "Katup jantung 'bocor' mengacu pada katup yang membuat sebagian aliran darah 'mundur' ke arah yang salah (yaitu, regurgitasi) saat jantung berdetak," kata Michael Chenier, MD, MPH, ahli jantung intervensi dengan Asheville Cardiology Associates di Amerika Serikat.

Ini bisa terjadi di salah satu dari empat katup di jantung. Keparahan regurgitasi katup ditentukan oleh berbagai pengukuran dan temuan pada ekokardiografi (pencitraan ultrasonografi jantung) dan dinilai sebagai sepele, ringan, sedang atau berat.

“Regurgitasi katup yang parah dapat memiliki efek merusak pada jantung, termasuk perkembangan atau memburuknya gagal jantung kongestif dengan gejala sesak napas, kelelahan saat beraktivitas dan masalah lainnya,” kata Dr. Chenier.Regurgitasi katup mitral adalah penyakit katup yang paling umum di dunia. Regurgitasi mitral ringan mempengaruhi hingga 20% orang sehat dan tidak memiliki konsekuensi klinis.

Hampir 10 persen orang berusia 75 tahun atau lebih memiliki regurgitasi mitral sedang hingga berat, yang menjadi perhatian klinis.Tanda-tanda regurgitasi katup mirip dengan gagal jantung kongestif. “Gejalanya meliputi sesak napas, kelelahan saat beraktivitas, pembengkakan pada ekstremitas bawah (edema) dan terkadang irama jantung tidak normal, seperti fibrilasi atrium,” kata Dr. Chenier.Regurgitasi di jantung dapat dikaitkan dengan usia, cacat lahir, atau penyakit jantung. “Paling sering, kebocoran pada katup disebabkan oleh peregangan bilik sisi kiri jantung karena penyebab gagal jantung kongestif, seperti serangan jantung,” kata Dr. Chenier.

"Atau masalah anatomi dengan katup mitral itu sendiri, seperti peregangan atau robekan." Jika ketegangan ekstra pada jantung tidak diobati, gagal jantung dapat terjadi.Ada beberapa cara untuk mendeteksi regurgitasi katup mitral. Bentuk diagnosis yang umum termasuk ekokardiogram, MRI jantung, dan beberapa jenis tes stres.Tujuan pengobatan adalah untuk meminimalkan gejala dan menghindari kondisi semakin parah. Obat kemungkinan akan diresepkan untuk membantu mengelola gejala.

Operasi jantung bisa dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti katup mitral, dan ini adalah metode yang paling umum untuk memperbaiki regurgitasi mitral.

Baca Juga: Mengenal Penyakit Jantung Koroner, Faktor Risiko dan Cara Pencegahannya

Baca Juga: Ratu Elizabeth II Meninggal Dunia, Tak Punya Riwayat Penyakit Serius dan Sukses Menjadi Penyintas Covid-19

Untuk beberapa pasien, tersedia teknik yang kurang invasif, termasuk MitraClip. Dokter mungkin menyarankan perbaikan atau penggantian katup mitral.

“Perbaikan atau penggantian transkateter. Penggantian katup mitral transkateter dengan perangkat tertentu merupakan prosedur minimal invasif rawat inap,” kata Dr. Chenier.

“MitraClip dimasukkan ke dalam katup mitral dari vena femoralis di kaki. Pasien biasanya dipulangkan ke rumah setelah satu malam di rumah sakit.”Berikut adalah faktor risiko "jantung bocor":

- Riwayat keluarga dengan masalah katup mitral