Find Us On Social Media :

7 Obat Herbal Turunkan Kolesterol Jahat, Aman Tanpa Pengawet

Daun kemangi obat herbal kolesterol karena mempunyai kandungan minyak esensial.

GridHEALTH.id – Mengonsusmi obat herbal kolesterol, menjadi salah satu cara untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh.

Apabila dibiarkan tanpa penanganan, kolesterol jahat, total kolesterol, dan trigliserida yang menumpuk akan menyebabkan masalah kesehatan serius.

Seseorang yang mengalaminya akan berisiko tinggi terkena penyakit jantung, serangan jantung, atau bahkan mengalami stroke.

Berikut ini adalah beberapa obat herbal kolesterol yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik (HDL) dalam tubuh.

1. Gingseng

Dilansir dari Best in Nature, obat herbal kolesterol yang pertama adalah gingseng. Tanaman ini sudah sering digunakan untuk pengobatan orang-orang yang berada di wilayah Asia.

Sejumlah studi menyatakan kalau gingseng dapat membantu meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan menurunkan kolesterol jahat (LDL).

2. Fenugreek

Selain gingseng, fenugreek juga termasuk salah satu jenis herbal yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional di wilayah Asia.

Penelitian yang diterbitkan di NCBI pada 2010 lalu, menemukan bahwa rutin mengonsumsi fenugreek dapat menurunkan kolesterol jahat, sambil memperbaiki kadar kolesterol baik.

Bukan cuma itu, fenugreek juga mampu mengurangi kadar trigliserida dalam darah. Khasiat dari herbal ini diperkirakan berasal dari flavonoid dan antioksidan.

Baca Juga: Kenali Ciri-ciri Kolesterol Tinggi, Warna Kaki Berubah Seperti Ini