Find Us On Social Media :

Ternyata Penderita Jantung Bisa Dilihat dari Kuku dan Kulit, Ini 7 Pertanda Awal

Kuku dan kulit penderita jantung akan berubah yang menjadi pertanda awal.

GridHEALTH.id - Kita mungkin tidak pernah mengira, bahwa dokter kulit kita mungkin menjadi orang pertama yang mendeteksi tanda-tanda awal penyakit kardiovaskular atau jantung.

Penyakit kardiovaskular adalah istilah umum yang menggambarkan semua kondisi medis yang mempengaruhi jantung dan pembuluh darah.

Penyakit jantung adalah istilah luas lain yang menggambarkan kondisi medis yang mempengaruhi berfungsinya jantung. Semua penyakit jantung adalah penyakit kardiovaskular, tetapi tidak semua penyakit kardiovaskular (seperti tekanan darah tinggi dan arteri tersumbat) adalah penyakit jantung. 

Kondisi jantung yang umum termasuk penyakit arteri koroner (CAD/coronary artery Disease), aritmia, gagal jantung, cacat jantung bawaan dan kondisi yang mempengaruhi otot jantung, katup atau ritme.

Selain itu, kondisi seperti aterosklerosis (pengerasan pembuluh darah), sering menyebabkan serangan jantung, stroke, dan sirkulasi yang buruk. 

Banyak kondisi jantung memiliki tanda-tanda yang muncul pada kulit dan kuku. Ketika dokter kulit  melihat tanda dan gejala yang tidak biasa, ia dapat merujuk kita ke kardiologis atau ahli penyakit jantung, untuk menjalani tes untuk kondisi jantung.

Mari kita lihat beberapa tanda paling umum penyakit jantung pada kulit kita

 1. Kaki bagian bawah dan kaki bengkak

Penyakit jantung dapat menyebabkan penumpukan cairan berlebih di kaki dan kaki, yang menyebabkannya membengkak.

Pembengkakan karena penumpukan cairan disebut edema. Pembengkakan ekstremitas bawah yang cepat tanpa cedera yang terlihat atau diketahui bisa menjadi tanda kondisi serius seperti pembekuan darah atau fungsi jantung yang tidak normal dan harus segera ditangani oleh dokter.

 2. Kulit abu-abu, biru atau ungu

Kulit berwarna abu-abu, biru atau ungu merupakan tanda adanya penyumbatan pembuluh darah. Setiap pembuluh darah yang membawa darah kaya oksigen dari jantung ke seluruh tubuh - arteri, kapiler dan vena - dapat tersumbat dan mencegah oksigen yang cukup mencapai darah.