Find Us On Social Media :

Kanker Payudara Juga Bisa Dialami Pria, Kenali 5 Gejala Khasnya

Gejala kanker payudara pada laki-laki seringkali tidak disadari.

GridHEALTH.id - Kanker payudara selama ini memang paling banyak dialami oleh wanita, tapi nyatanya laki-laki pun juga bisa terkena.

Beberapa waktu yang lalu, pembawa acara ternama Indonesia Robby Purba, menjadi salah satu laki-laki yang terkena kanker payudara.

Jumlah kasus payudara pada laki-laki memang tidak terlalu banyak, National Breast Cancer Foundation mencatat jumlahnya kurang dari 1 persen dari keseluruhan pasien.

Mengapa laki-laki bisa terkena kanker payudara?

Melansir laman Breast Cancer, laki-laki mempunyai risiko kanker payudara yang sama dengan perempuan karena dadanya juga terdiri dari jaringan lemak, jaringan fibrosa yang disebut stroma, hingga puting.

Pada saat masa puber, hormon tubuh wanita membuat jaringan payudara wanita tumbuh, sementara pria tidak. Kanker payudara pada laki-laki biasanya terjadi di saluran susu.

Dibandingkan wanita, kanker payudara pada laki-laki lebih sering terlambat terdiagnosis. Sehingga saat ketahuan, kondisinya sudah memasuki stadium lanjut.

Alasan mengapa hal tersebut terjadi, karena rata-rata laki-laki tidak melakukan skrining mammogram seperti wanita, sehingga jika terjadi masalah kesehatan sulit diketahui secara dini.

Tak hanya itu, anggapan kanker payudara hanya dialami oleh wanita juga membuat para laki-laki tidak sadar bila mengalami gejala awal.

Gejala kanker payudara pria

Sebenarnya gejala kanker payudara pada laki-laki tak berbeda jauh dengan yang dialami oleh para wanita. Benjolan di payudara dekat puting dan tidak terasa sakit merupakan tanda-tanda utama.

Baca Juga: Kenali 6 Jenis Benjolan Kanker Payudara, Bisa Dideteksi di Rumah