Find Us On Social Media :

Coba Obat Rumahan Ampuh Atasi Sariawan di Mulut, Begini Caranya!

Cuka apel, dapat digunakan sebagai pengobatan rumahan mengatasi sariawan.

 

GridHEALTH.id - Sariawan atau oral thrush adalah infeksi jamur yang menyerang mulut. Ini dianggap sebagai jenis infeksi jamur karena disebabkan oleh pertumbuhan berlebih dari Candida, jamur yang sama yang menyebabkan infeksi jamur vagina dan penis. Oral thrush juga disebut kandidiasis oral atau kandidiasis orofaringeal. Gejala utama sariawan adalah lesi putih di dalam mulut. Mereka sedikit terangkat dan biasanya ditemukan di lidah dan di bagian dalam pipi.

Sariawan juga dapat muncul di gusi, amandel, langit-langit mulut, atau di belakang tenggorokan. Lesi mungkin berdarah atau nyeri jika digores seperti saat gigi disikat.

Gejala lain yang bisa mengindikasikan sariawan termasuk rasa sakit atau kemerahan di dalam mulut dan di sudut mulut, kehilangan rasa, dan perasaan seperti kapas di dalam mulut. Orang dengan kondisi kesehatan tertentu lainnya mungkin rentan terkena sariawan, termasuk mereka yang menderita diabetes yang tidak terkontrol, mereka yang dites positif mengidap human immunodeficiency virus (HIV), atau mereka yang menderita kanker.

Orang yang memakai gigi palsu, merokok, atau memiliki mulut kering juga lebih rentan terhadap infeksi Kandidiasis Oral atau Oral trush ( Candida albicans), infeksi jamur pada lidah manusia.

Sariawan dapat diobati dengan obat antijamur seperti flukonazol (dijual dengan nama merek Diflucan) dan nistatin (nama merek termasuk Mycostatin dan Nilstat).

Dalam beberapa kasus, sariawan dapat disembuhkan dengan pengobatan rumahan. Ada berbagai pengobatan rumahan yang dapat membantu meringankan ketidaknyamanan dan menyembuhkan pertumbuhan berlebih dari jamur Candida penyebab sariawan.

Berikut pengobatan rumahan yang disarankan;

1. Berkumur air garam

Penelitian telah menunjukkan bahwa garam adalah alat yang efektif dalam kebersihan mulut karena dapat meningkatkan penyembuhan di mulut dan menenangkan ketidaknyamanan.

Untuk membantu meringankan gejala sariawan dan mempercepat penyembuhan lesi, bilas mulut  dengan larutan air asin. Untuk membuatnya, larutkan sekitar setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat. Kumur larutan di mulut lalu ludahkan.

 Baca Juga: Obat Herbal Alami Untuk Sembuhkan Sariawan, Cukup Segelas Air Kelapa

Baca Juga: Serangan Jantung Ditandai dengan Nyeri Bagian Dada, Jangan Disepelekan Bisa Berakibat Fatal