Find Us On Social Media :

6 Jenis Kutil yang Tumbuh di Kulit, Ada yang Nyeri Hingga Bikin Risih

Jenis kutil yang tumbuh di kulit berbeda-beda, tergantung tipe HPV apa yang menginfeksi.

GridHEALTH.idKutil penyakit kulit yang umum terjadi. Orang dewasa maupun anak-anak, tubuhnya bisa ditumbuhi oleh kutil.

Infeksi virus bernama human papillomavirus (HPV), menjadi penyebab utamanya. Proses penularan kutil bisa tejradi antar sesama manusia.

Bentuk kutil yang sudah banyak diketahui oleh orang-orang adalah bulat, sehingga terlihat seperti benjolan tak biasa di kulit. Tapi ternyata, tidak seperti itu.

HPV terdiri lebih dari 100 jenis, sehingga menyebabkan jenis-jenis yang berbeda-beda dan masing-masing mempunyai ciri khas sendiri.

Dilansir dari Cedars Sinai, berikut ini adalah beberapa jenis-jenis kutil dan cirinya yang perlu diwaspadai.

1. Kutil biasa

Jenis kutil yang pertama adalah benjolan, seperti yang selama ini sudah diketahui. Umumya mempunyai warna abu-abu kekuningan atau coklat kulit.

Kutil biasa mempunyai ukuran yang sangat kecil, seukuran ujung jarum pentul atau jika agak lebih besar, mirip kacang polong. Jenis kutil ini biasanya tumbuh di jari-jari, siku, lutut, atau wajah.

2. Kutil datar

Kutil datar merupakan jenis kutil yang paling sering dialami oleh anak-anak dibandingkan orang dewasa. Sehingga muncul julukan “kutil remaja”.

Seperti namanya, ciri khas dari kutil ini memang bentuknya datar. Tapi, ada beberapa tanda lain yang membuat kutil datar terdeteksi, yakni bentuknya bulat atau oval, serta berwarna kecokelatan atau merah muda.

Baca Juga: Virus Ini Jadi Penyebab Kutil Tumbuh, Ketahui Cara Hilangkan Sampai ke Akarnya