Find Us On Social Media :

Atasi Panu Membandel dengan Obat Alami Lidah Buaya, Begini Cara Penggunaanya

Lidah buaya sebagai obat alami mengatasi panu.

GridHEALTH.id - Panu disebut juga tinea versicolor. Ini adalah infeksi jamur yang sangat umum pada kulit.

Setiap orang bisa punya tetapi lebih sering terjadi pada orang dewasa muda dan remaja. Jamur dari genus Malassezia biasanya ada di permukaan kulit kita dan tidak menimbulkan masalah.

Tetapi ada beberapa kasus ketika mereka mulai tumbuh di luar kendali, mempengaruhi pigmentasi kulit kita. Ini akan menghasilkan bercak kulit yang lebih terang atau lebih gelap dari warna kulit asli kita.

Bercak yang berubah warna ini biasanya muncul di lengan atas, leher, dada, dan punggung. Mereka bisa menghilang di hari-hari musim dingin dan muncul kembali di hari-hari musim panas yang panas dan lembab.

Kulit yang terkena juga bisa menjadi bersisik dan kering. Ada beberapa kasus yang bisa menyebabkan gatal, tapi ini bukan kondisi yang umum.

Dokter tidak yakin mengapa jamur mulai tumbuh secara tidak normal tetapi ada beberapa faktor penyebab panu seperti perubahan hormonal dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh yang lemah, kulit berminyak, keringat berlebih, cuaca panas dan lembab.

Kondisi ini tidak menular atau menyakitkan tetapi dapat menyebabkan kepercayaan diri turun dan munculnya tekanan emosional.

Ada banyak perawatan antijamur dan perawatan over-the-counter yang dapat digunakan untuk perawatan tersebut.

Kita juga dapat mencoba beberapa pengobatan rumahan yang disebutkan yang sederhana dan murah.

Bicarakan dengan dokter  untuk pengobatan terbaik panu. Saat panu muncul, kita harus makan makanan yang kaya Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E dan Vitamin B karena mereka dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kita juga harus memasukkan buah-buahan dan sayuran segar dalam menu harian. Kita juga harus makan makanan yang kaya probiotik seperti kefir dan yoghurt.

Untuk sementara waktu hindari terlalu banyak karbohidrat dan gula dalam makanan karena ini dapat merangsang produksi ragi.