Find Us On Social Media :

Ini Dia Titik Pijat Efektif Mengurangi Sakit Gigi, Lakukan Sekarang!

Nyeri akibat sakit gigi bisa diredakan dengan pijat akupresur.

GridHEALTH.id - Sakit gigi adalah hal yang cukup menyiksa karena kita jadi susah makan dan malas berbicara. Bahkan ada ungkapan lebih baik sakit hati daripada sakit gigi yang menggambarkan betapa tidak enaknya kondisi ini.Untungnya, ada sejumlah solusi alami yang dapat membantu meredakan sakit gigi, terutama dengan akupresur yang aman dan non-invasif.

Akupresur untuk sementara akan meredakan rasa sakit yang berasal dari gigi yang terinfeksi atau meradang. Alasan yang mendasari sakit gigi tidak akan diobati dengan akupresur, jadi kita tetap harus mengunjungi dokter gigi.Akupresur adalah bentuk Pengobatan Tradisional Cina (TCM) yang telah digunakan di Cina selama ribuan tahun. Premis dasar di balik akupresur adalah bahwa area tertentu di tubuh kita memiliki meridian atau saluran energi yang mengalir melaluinya.Ketika meridian ini tersumbat, mereka menciptakan ketegangan di berbagai bagian tubuh.

Ketegangan ini menyebabkan rasa sakit, yang dapat bermanifestasi sebagai sakit kepala, sakit punggung, sakit bahu, dan bahkan sakit gigi.Saat kitamenerapkan akupresur ke titik tekanan, kita sebenarnya merangsang meridian tersebut dengan menerapkan tekanan dan pijatan lembut.

Ini merangsang pelepasan endorfin, yang meningkatkan aliran darah dan sirkulasi untuk mengurangi rasa sakit yang terkait dengan penyumbatan, termasuk pada gigi.

Berikut adalah titik pijat efektif untuk mengurangi sakit gigi;

1. Kantong Empedu 21 (GB 21) - Jianjing atau Sumur BahuTitik-titik tekanan Jianjing ditemukan di kedua bahu, antara ujung bahu dan pangkal leher.Tekanan dan pijatan pada titik-titik ini akan membantu meredakan sakit gigi dan nyeri rahang kita.

Baca Juga: Setelah Kasus Es Teh Indonesia Mencuat, Netizen Ramai Mempertanyakan Keamanan Produk Minuman Es Teh Kekinian, Ini Risiko yang Terkandung dalam Segelas Es Teh Manis

Baca Juga: Gangguan Pendengaran Bisa Terjadi pada Penyandang Diabetes Lansia

Titik pijat ini juga untuk meredakan sakit kepala, nyeri leher dan kekakuan, dan nyeri bahu.

2. Usus Besar 4 (LI 4) - Hegu atau Union ValleyTitik-titik tekanan Hegu ditemukan di alur yang ada di antara ibu jari dan jari telunjuk di bagian belakang kedua tangan.Merangsang titik-titik ini akan membantu mengatasi sakit gigi, sakit kepala, kecemasan, sakit leher, dan sembelit. Tekanan dan pijatan di sini sangat bagus sebelum tidur.

3. Usus Kecil 18 (SI18) - Quanliao atau Celah Tulang PipiTitik tekanan Quanliao ditemukan di area berongga tulang pipi. Dari sudut luar mata, turun ke tulang pipi.Menerapkan tekanan dan pemijatan yang kuat di sini akan meredakan sakit gigi, bersama dengan hidung tersumbat dan nyeri.

4. Perut 6 (ST 6) - Jiache atau Tulang RahangTitik akupresur Jiache terletak di tengah dari bagian bawah daun telinga ke sudut mulut. Cara cepat untuk menemukan titiknya adalah dengan mengatupkan gigi dan melenturkan pipi. Otot rahang yang melentur adalah tempat yang ingin kita rangsang.Memijat titik-titik ini akan meredakan sakit gigi, serta mengurangi pembengkakan, nyeri, dan kejang pada rahang.