Find Us On Social Media :

Bangun Telemedicine Kredibel, BPJS Bermitra Dengan Good Doctor Technology Indonesia Untuk Kelancaran Distribusi Obat

Tokoh-tokoh yang ikut menandatangani kerjasama BPJS dan Good Doctor, dimulai dari kiri ke kanan, ada Benyamin Saut PS, Deputi Direksi Bidang Riset dan Inovasi BPJS Kesehatan; Dr. dr. Mahlil Ruby, M.Kes. Direktur Perencanaan, Pengembangan dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan; Danu Wicaksana, Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia; dan dr. Adhiatma Gunawan, Head of Medical PT Good Doctor Technology Indonesia.

GridHEALTH.id - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan resmi menandatangani perjanjian bersama dengan PT Good Doctor Technology Indonesia (Good Doctor) dalam menyediakan layanan pengiriman distribusi obat terkait uji coba telemedicine Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Perjanjian kerjasama ini menjadi bentuk kerjasama yang memanfaatkan teknologi digital di sektor kesehatan, sehingga lebih memudahkan masyarakat dalam mengakses layanan kesehatan.

BPJS Kesehatan sebagai badan yang dibentuk pemerintah untuk menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) terus mengembangkan layanan telemedicine agar peserta JKN di seluruh Indonesia semakin mudah mengakses layanan kesehatan yang kredibel.

Selain itu, diharapkan dengan adanya kerjasama ini, kendala kondisi geografis maupun nongeografis dapat semakin diminimalisir, serta menjadi dasar Kemenkes dalam mengembangkan kebijakan telemedicine di Indoneisa ke depannya.

BPJS Gandeng Good Doctor Kembangkan Layanan Telemedicine yang Kredibel

Pada kesempatan hari ini (28/09/2022) di Jakarta dalam rangka penandatanganan perjanjian, Managing Director PT Good Doctor Technology Indonesia, Danu Wicaksana menyebutkan kerjasama ini selaras dengan visi BPJS Kesehatan dan Good Doctor.

Ia juga mengatakan untuk dapat mencapai visi ini, diperlukan kerja sama dan kolaborasi yang solid dan diharapkan kerjasama BPJS Kesehatan dan Good Doctor bisa menjadi wujud optimalisasi teknologi untuk memberikan akses kesehatan yang mudah, terjangkau, tetap berkualitas hingga ke seluruh peserta JKN di pelosok Indonesia.

"Kami menghargai BPJS Kesehatan yang bergerak inovatif dan progresif dengan mengadopsi teknologi untuk memberikan layanan kesehatan yang berkualitas di Indonesia. Kami bertujuan untuk mempertahankan keunggulan kami dalam memberikan perawatan berkualitas tinggi melalui telemedicine untuk lebih mendukung upaya BPJS dalam meningkatkan kehidupan lebih banyak orang di Indonesia," katanya.

Bentuk Uji Coba Distribusi Obat oleh Good Doctor

Dalam tahap uji coba ini, Good Doctor akan menyediakan fasilitas pengiriman obat gratis untuk pengiriman pertama ke-20 titik Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan apotek di berbagai daerah, yaitu Medan, Pekanbaru, Padang, Palembang, Jakarta Selatan, Tangerang, Tigaraksa, Cirebon, Cimahi, Sukabumi, Tegal, Yogyakarta, Surakarta, Pasuruan, Denpasar, dan Serang.

Dalam waktu satu jam, diharapkan obat dapat didistribusikan langsung ke depan pintu rumah peserta JKN pada radius lima sampai delapan km.

Baca Juga: Layanan Kesehatan Berbasis AI, Permudah Masyarakat Lakukan Konsultasi