Find Us On Social Media :

Inilah Daftar Pilihan 15 Obat Tradisional Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Kumis kucing, kemiri, dan brotowali, tiga dari 15 tanaman yang dinilai berkhasiat untuk dijadikan obat tradisional infeksi saluran kemi (ISK).

GridHEALTH.id - Infeksi saluran kemih (ISK) adalah kondisi adanya mikroorganisme menginfeksi dan berkembang biak di dalam saluran kemih.

Saat seseorang terkena infeksi saluran kemih (ISK) maka kandungan dalam urin dapat ditemukan seperti bakteri, virus, atau mikroorganisme lainnya.

Infeksi saluran kemih (ISK) tidak dapat dibiarkan begitu saja karena dapat menyebabkan komplikasi, maka salah satu pengobatan yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan obat tradisional infeksi saluran kemih.

Untuk mengetahui lebih jauh efektivitas obat tradisional infeksi saluran kemih (ISK), simak ulasannya berikut ini.

Efektivitas Obat Tradisional Untuk Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Selain menggunakan obat medis, ternyata obat tradisional juga dirasa memiliki khasiat untuk membantu menyembuhkan infeksi saluran kemih (ISK).

Obat tradisional merupakan obat yang berasal dari tanaman-tanaman yang hidup di sekitar wilayah Indonesia dan telah dipercaya khasiatnya oleh masyarakat di setiap daerah.

Termasuk untuk obat tradisional infeksi saluran kemih (ISK), ternyata hampir di setiap wilayah Indonesia, masyarakat dan etnis mencari pengobatan ISK dengan menggunakan tumbuhan obat.

Bagian tumbuhan yang banyak digunakan untuk obat tradisional ISK paling banyak berasal dari daun (36%), batang (12%), lalu buah dan rimpang (6%).

Jenis Obat Tradisional Infeksi Saluran Kemih (ISK)

Sebuah penelitian menunjukkan ada sekitar 69 spesies tumbuhan yang dijadikan obat tradisional untuk keluhan sakit pinggang yang mengarah pada penyakit infeksi saluran kemih (ISK).

Baca Juga: Jangan Keliru, Infeksi Saluran Kemih (ISK) Bukanlah Bagian Penyakit Menular Seksual (PMS), Ini Bedanya!