Find Us On Social Media :

Psoriasis Penyakit Autoimun yang Menyerang Kulit, Bisakah Dicegah?

Psoriasis menyebabkan peradangan dan tekstur bersisik di kulit.

GridHEALTH.idPsoriasis adalah salah satu masalah kulit yang kronis atau berlangsung seumur hidup pada pengidapnya.

Menurut laman National Psoriasis Foundation, psoriasis merupakan kondisi yang umum, di mana 2 hingga 3 persen orang di dunia mengalaminya.

Psoriasis terjadi saat sistem kekebalan tubuh terlalu aktif, sehingga menyebabkan sel-sel kulit berkembang biak terlalu cepat.

Bukannya mengelupas dan berganti dengan yang baru, sel-sel di kulit penderita psoriasis justru menumpuk dan akhirnya membuatnya bersisik.

Siapapun bisa terkena psoriasis, tapi lebih banyak pada orang dewasa dibandingkan dengan anak-anak. Pria dan wanita mempunyai risiko yang sama.

Penyebab psoriasis

Melansir niams.nih.gov, karena psoriasis termasuk penyakit autoimun, maka kondisi ini terjadi saat sistem imun bereaksi terlalu berlebih dan menimbulkan masalah.

Pada tubuh penderita psoriasis, sel-sel yang ada di dalam tubuhnya menjadi sangat aktif dan memicu sel-sel kulit yang baru akan terproduksi dengan cepat.

Sehingga tidak heran, jika psoriasis menyebabkan kulit meradang dan teksturnya terlihat bersisik.

Penyebab psoriasis yang pasti masih belum diketahui sepenuhnya oleh para ilmuwan. Hanya saja, ada beberapa hal yang dicurigai memicu kondisi tersebut.

Misalnya saja faktor genetik dan pengaruh dari lingkungan. Beberapa orang penderita psoriasis, dalam keluarganya juga ada yang mengalami kondisi serupa.

 Baca Juga: Kerak Kulit Kepala, Penyebab dan Cara Mengatasinya, Serta Mereka yang Paling Berisiko