Find Us On Social Media :

Kenali Penyebab Serta Gejala Penyakit Ginjal Pada Anak

Penyakit ginjal pada anak perlu ditangani dengan benar.

GridHEALTH.id - Penyakit ginjal kronis, atau chronic kidney disease (CKD) adalah kondisi kronis di mana ginjal rusak secara permanen.

Fungsi ginjal menurun, dan semakin memburuk dari waktu ke waktu. CKD juga disebut penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis. Ini mempengaruhi orang-orang dari segala usia dan ras.

Apa yang menyebabkan CKD?

Penyebab CKD sangat berbeda pada anak-anak dibandingkan pada orang dewasa.

Pada bayi dan anak-anak: Cacat lahir, kelainan bawaan, dan penyakit keturunan, seperti penyakit ginjal polikistik, adalah penyebab paling umum CKD.

Infeksi saluran kemih (ISK) yang sering terjadi pada anak-anak harus segera diobati dan dievaluasi lebih lanjut, karena kelainan saluran kemih berpotensi menyebabkan CKD.

Pada remaja: Pada anak-anak di atas usia 12 tahun, glomerulonefritis (radang ginjal) adalah penyebab paling sering gagal ginjal.

Kondisi lain yang dapat merusak ginjal, seperti sindrom nefrotik, atau penyakit yang mempengaruhi banyak organ, seperti lupus, juga merupakan penyebab umum.

Pada orang dewasa: CKD terutama disebabkan oleh diabetes dan tekanan darah tinggi. Berbeda dengan orang dewasa, tekanan darah tinggi biasanya tidak menyebabkan gagal ginjal pada anak-anak, tetapi seringkali disebabkan oleh gagal ginjal.

Namun, penting untuk dicatat bahwa banyak faktor risiko CKD, seperti obesitas yang mengarah ke diabetes tipe 2, dimulai pada masa kanak-kanak dan dapat berkontribusi pada penyakit ginjal progresif di masa dewasa.

Apa saja gejala umum CKD pada anak-anak?

Saat CKD berkembang, gejala pada anak-anak mungkin termasuk: