Find Us On Social Media :

8 Daftar Penyakit Mata Ini Dicover BPJS Kesehatan, Jangan Sampai Tak Tahu!

Penyakit mata yang dicover BPJS Kesehatan bisa dideteksi dini di fasilitas kesehatan primer.

GridHEALTH.idPenyakit mata bukan sebuah masalah kesehatan yang boleh dianggap remeh, karena dapat menurunkan kualitas hidup seseorang.

Produktivitas orang yang mengalami gangguan penglihatan, akan terganggu karena mengalami kesulitan dalam melihat sesuatu.

Dokter Spesialis Mata dari Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), dr Yeni Lestari, SpM(K), mengatakan bahwa gangguan penglihatan juga akan berdampak pada kondisi kesehatan metal maupun lingkungan.

Jumlah penderita penyakit mata di Indonesia

Berdasarkan hasil survey RAAB pada 2014-2018, tercatat kasus kebutaan di Indonesia mecapai 3% dari total populasi.

“Dari 262 juta populasi, terdapat 1,6 juta orang buta dan 6,4 juta orang mengalami gangguan penglihatan,” ujarnya dalam konfrensi pers Hari Kesehatan Mata Sedunia oleh Kementerian Kesehatan, Selasa (4/10/2022).

Diprediksi pada 2030 nanti, tantangan gangguan penglihatan di Indonesia akan mengalami peningkatan.

Padahal, sekitar 80% penyakit mata yang dialami oleh masayrakat di Indonesia bisa diatasi apabila mendapatkan penanganan yang tepat dan cepat.

Jenis penyakit mata

Adanya jaminan BPJS Kesehatan, menjadi sebuah solusi bagi masyarakat untuk bisa segera mendapatkan penanganan dan mencegah terjadinya kebutaan, apabila mengalami gangguan penglihatan.

Adapun daftar penyakit mata yang discover BPJS Kesehatan menurut dr Eva Susanti selaku Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (P2PTM) Kemenkes, adalah berikut ini.

Baca Juga: 7 Jenis Penyakit Mata yang Sering Dialami Anak, Juling Salah Satunya