Find Us On Social Media :

5 Artis Ini Jadi Penyintas Kanker Payudara, Simak Info Selengkapnya

Pevita Pearce, salah satu artis Indonesia menjadi penyintas kanker payudara.

GridHEALTH.id - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mencatat, kanker payudara merupakan kanker dengan jumlah kasus terbanyak pada wanita, dan menjadi salah satu penyebab kematian utama akibat kanker.

Ini karena sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat pada stadium lanjut. Padahal, jika terdeteksi dini dan segera diterapi, sebetulnya kanker bisa dikalahkan.

Angka ini menyebar, tidak hanya di perkotaan, tetapi pedesaan tidak jauh tertinggal dengan angka yang terus meningkat, statistik ini terutama berlaku bagi mereka yang tinggal di kota.

Kanker payudara juga bisa menyerang siapa saja. Mulai rakyat jelata hingga kaum berpunya. Jadi jangan beranggapan bahwa angka ini hanya statistik dan menganggap kanker payudara tidak akan pernah terjadi pada kita. 

Hal-hal seperti gaya hidup yang tidak sehat, stres, kebiasaan makan yang tidak seimbang, jam tidur yang tidak teratur, awal menarche (menstruasi), menopause terlambat dan kehamilan terlambat (di atas usia 30-an) membuat kita lebih rentan menderita kanker ini.

Dikutip dari American Cancer Society, kanker payudara paling baik diobati pada tahap awal, oleh karena itu deteksi, diagnosis, dan pencegahan menjadi jauh lebih penting.

Jika diketahui sejak dini, kanker payudara dapat 'disembuhkan'.  Terbukti, berikut ini daftar 5 artis Indonesia yang pernah alami tumor hingga kanker payudara payudara dan berhasil sembuh. Kita perlu meneladani perjuangan mereka yang pantang menyerah!

1. Cut Memey

Pada tahun 2017 lalu, Cut Memey menjalani operasi pengangkatan tumor di payudara kanannya. Wanita kelahiran 1980 tersebut berhasil sembuh dari penyakitnya dan sekarang hidup bahagia bersama keluarga di luar negeri.

2. Andien Aisyah

Menderita tumor payudara saat masih muda, Andien harus struggle dengan penyakit tersebut saat masih kelas 2 SMA. Menemukan benjolan di payudaranya, Andien akhirnya berhasil sembuh setelah melakukan operasi pengangkatan tumor.

3. Pevita Pearce