Find Us On Social Media :

Orangtua Harus Waspada, Gejala Gangguan Ginjal Pada Anak yang Harus Diperhatikan

Gejala gangguan ginjal pada anak harus segera dibawa ke dokter. Kenali gejalanya.

GridHEALTH.id - Ginjal terdiri dari jutaan unit penyaringan kecil yang disebut nefron dan terletak tepat di bawah tulang rusuk di kedua sisi tulang belakang.

Tugas mereka adalah membersihkan darah, menjaga keseimbangan garam dan air, dan membantu mengatur tekanan darah dan sel darah merah.

Cairan ekstra dan limbah yang dikeluarkan ginjal dari darah diteruskan ke kandung kemih dan kemudian keluar dari tubuh sebagai urin.

Gangguan ginjal pada anak dapat berkisar dari gangguan reversibel tanpa efek jangka panjang hingga penyakit kronis dan gagal ginjal.

Penyebab penyakit ginjal antara lain cacat lahir, penyakit keturunan, infeksi, sindrom nefrotik, penyakit sistemik, trauma dan penyumbatan atau refluks urin. Diabetes dan hipertensi (tekanan darah tinggi) juga bisa menjadi faktor.

Apa saja gejala penyakit ginjal pada anak?

Penyakit ginjal dini menunjukkan sedikit jika ada tanda-tanda. Beberapa anak menunjukkan bengkak ringan di sekitar mata dan wajah, atau urin berbusa.

Seiring perkembangan penyakit, mungkin ada pembengkakan mata dan kaki, mual dan muntah, kelelahan dan kehilangan nafsu makan, dan darah atau protein dalam urin.

Anak-anak juga bisa merasakan gejala tekanan darah tinggi seperti sakit kepala, nyeri dada, penglihatan kabur atau mimisan.

Penyakit ginjal akut berkembang dengan cepat, durasinya singkat, dan dapat disembuhkan jika penyebab dasarnya diobati.

Penyakit ginjal kronis (PGK) membutuhkan manajemen jangka panjang dan cenderung memburuk dari waktu ke waktu. 

Anak-anak dengan CKD atau gagal ginjal (juga dikenal sebagai penyakit ginjal stadium akhir atau ESKD/end-stage kidney disease ) menghadapi banyak tantangan, termasuk tingkat pertumbuhan yang lambat, inkontinensia urin,  dan perkembangan bahasa serta motorik yang tertunda.