Find Us On Social Media :

Cara Aman Redakan Flu dan Demam pada Anak, Pijat 6 Titik Ini

Titik Yingxiang, redakan flu dan demam pada anak

GridHEALTH.id - Ada caralain yang aman untuk mengatasi flu dan demam pada anak, saat obat sirup dilarang penggunaannya oleh Pemerintah Indonesia.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menceritakan, Kemenkes mendatangi 156 rumah pasien gangguan ginjal akut dan mendapatkan 102 obat sirup."Kita datangi semua rumah-rumah tersebut. Dari 241 kita sudah datangi 156. Dari 156 itu kita sudah ketemu 102 obat di keluarga ini yang jenisnya sirup," kata Budi."Memang kita ambil dari rumah keluarga bayi dan anak yang jatuh sakit di rumah sakit," kata Menkes Budi saat konferensi pers di Kuningan, Jakarta Selatan, Jumat (21/10/2022)."102 Obat ini jangan diresepkan dulu, daftar 102 masih konservatif. Dan lebih mengerucut dibanding semua obat sirup," ujar Budi.

Baca Juga: Pernah Dialami oleh Aurel Hermansyah, Ternyata Tak Sembarangan untuk Bisa Melakukan Operasi Mata Lasik, Inilah Beberapa Prosedurnya

Lalu BPOM melakukan penelusuran data registrasi terhadap 102 obat sirup yang ada di rumah pasien untuk melihat lebih lanjut, mengenai kandungan di dalamnya dan probabilitas adanya cemaran ED dan DEG. Hasilnya:

1. Ada 23 produk tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol, dan gliserin atau gliserol (Bisa digunakan sepanjang sesuai aturan pakai).

2. Ada 7 produk yang hasilnya aman (Aman digunakan sepanjang sesuai aturan pakai)

3. Ada 3 produk yang mengandung cemaran ED dan DEG melebihi ambang batas (tiga produk ini ada dalam lima produk yang sudah dilarang beredar oleh BPOM)* Unibebi Cough Sirup (obat batuk)

Baca Juga: Prihal Covid XBB, Menkes Nyatakan Indonesia Memiliki Sistem Penanganan 19 yang Sudah Teruji

* Unibebi Demam Sirup (obat batuk)* Unibebi Demam Drops (obat batuk).

Kini BPOM masih menguji semua produk sirup yang diproduksi oleh industri farmasi yang sama dengan kelima produk tersebut, termasuk produk yang sama dengan bets berbeda.

Redakan Flu dan Demam

Nah, untuk saat ini saat anak sakit flu atau demam, karena pemberian obat puyer bukan solusi yang bijak, penanganan anak flu dan demam di rumah bisa menggunakan pijatan di 6 titik berikut ini.

Baca Juga: Dari 102 Obat Sirup yang Ditemukan di Rumah Pasien Gangguan Ginjal Akut, BPOM Nyatakan Ada Tiga yang Mengandung Cemaran