Find Us On Social Media :

Menyamarkan Bekas Luka Susah Hilang, Secara Medis dan Alami di Rumah

Bekas luka yang susah untuk hilang dapat diatasi dengan melakukan suntik steroid hingga mengoleskan gel lidah buaya.

GridHEALTH.id - Bekas luka susah hilang bagi sebagian orang dapat membuat penampilannya terganggu, apalagi jika tidak bisa ditutupi oleh apapun.

Perlu diketahui, luka sebenarnya merupakan cara alami yang dilakukan oleh tubuh untuk memperbaiki dan menggantikan kulit yang telah rusak dan terdiri dari jaringan fibrosa.

Apa itu bekas luka?

Dilansir dari Skinkraft, ini merupakan lapisan tebal dari kulit yang terluka. Tubuh menghasilkan protein yang disebut juga sebagai serat kolagen.

Protein tersebut bertanggung jawab untuk memperbaiki kerusakan yang disebabkan oleh cedera dan inilah yang menyebabkan bekas luka pada tubuh.

Umumnya, bekas luka susah hilang akan terlihat jelas perbedaannya dibandingkan kulit lainnya, karena tekstur dan tampilannya cenderung lebih gelap.

Tampilan luka yang sudah membaik tapi belum hilang, mempunyai tekstur dan tampilan yang berbeda-beda tergantung pada jenis cedera atau kerusakan kulit yang terjadi.

Ada empat jenis di antaranya bekas luka atrofi, hipertrofik, keloid, dan kontraktur.

Menyamarkan bekas luka susah hilang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, kondisi ini cenderung lebih gelap dari warna asli kulit sehingga mudah sekali disadari.

Namun tak perlu khawatir, karena sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyamarkan bekas luka susah hilang mulai dari medis hingga rumahan.

Baca Juga: Kulit Kaki Kembali Mulus, Cara Tepat Hilangkan Bekas Luka Kena Knalpot Seperti Ini