Find Us On Social Media :

Perlemakan Hati dan Batu Empedu 2 Penyakit yang Disebabkan Obesitas

Jangan main-main, obesitas bisa sebabkan perlemakan hati dan batu empedu.

GridHEALTH.id - Kit atentu sudah mengetahu jika obesitas adalah salah satu masalah kesehatan yang berbahaya.

Pasalnya obesitas merupakan jembatan bagi berbagai penyakit tidak menular (PTM) yang berbahaya bagi tubuh, bahkan dapat menyebabkan kematian.

Adapun obesitas itu adalah merupakan penumpukan lemak yang berlebihan akibat ketidakseimbangan asupan energi (energy intake) dengan energi yang digunakan (energy expenditure) dalam waktu lama.Jadi obesitas adalah suatu keadaan dari akumulasi lemak tubuh yang berlebihan di jaringan lemak dan dapat menimbulkan beberapa penyakit.

Obesitas pada dewasa berkaitan dengan sindroma metabolik, sedangkan obesitas serta sindroma metabolik yang berkembang pada masa anak dapat berlanjut sampai dewasa.

Baca Juga: Tak Hanya Tragedi Itaewon, Desak-desakan Picu Puluhan Penonton Berdendang Bergoyang Pingsan, Kenali Risiko Henti Jantung

Terjadinya obesitas lebih ditentukan oleh terlalu banyaknya makan, terlalu sedikitnya aktivitas atau latihan fisik, maupun keduanya.

Dengan demikian tiap orang perlu memerhatikan banyaknya masukan makanan dan cairan (disesuaikan dengan kebutuhan tenaga sehari- hari), dan aktivitas fisikyang dilakukan.

Perhatian lebih besar mengenai kedua hal ini terutama diperlukan bagi mereka yang kebetulan berasal dari keluarga obesitas, berjenis kelamin wanita, pekerjaan banyak duduk, tidak senang melakukan olahraga, serta emosionalnya labil.

Untuk mengetahui obesitas atau tidak, obesitas ditentukan dengan mengklasifikasikan status gizi berdasarkan Indeks Massa Tubuh (IMT).

Indeks Massa Tubuh (IMT) merupakan rumus matematis yang berkaitan dengan lemak tubuh orang dewasa, dan dinyatakan sebagai berat badan dalam kilogram dibagi dengan kwadrat tinggi badan dalam ukuran meter.

Baca Juga: Anak Sakit Jangan Langsung Kasih Antibiotik, Pengaruhi Sistem Imun dan Kemampuan Kognitifnya

Rumus menentukan IMT :