Find Us On Social Media :

Bumbu Dapur Ini Bisa Digunakan untuk Mengatasi Kolesterol Tinggi

Inilah daftar beberapa bumbu dapur yang bisa dijadikan sebagai obat kolesterol alami.

GridHEALTH.id – Kolesterol menjadi salah satu penyakit yang populer di masyarakat dan sering dijumpai. Sebagai senyawa alami dan memiliki fungsi baik dalam tubuh, lalu mengapa kolesterol menjadi penyakit yang perlu diperhatikan?

Simak ulasannya berikut ini dengan berbagai rekomendasai obat kolesterol alami dari bahan bumbu dapur agar bantu kurangi kadarnya.

Apa Itu Kolesterol?

Kolesterol sebenarnya adalah senyawa dalam tubuh yang sukar larut dalam cairan, sehingga digolongkan dalam lipid, yang terdalam partikel lipoprotein (lipid/lemak dan protein), di mana lipoprotein terdapat empat jenis.

Empat jenis lipoprotein, yaitu kilomikron, very low density lipoprotein (VLDL), dan dua yang cukup populer adalah low density lipoprotein (LDL), serta high density lipoprotein (HDL).

Saat seseorang memiliki kolesterol tinggi, artinya kadar kolesterol LDL meningkat, inilah yang dikenal dengan sebutan kolesterol jahat.

Penyebab Kolesterol Tinggi

Kolesterol menjadi bermasalah jika kadarnya terlalu tinggi di dalam darah, kondisi ini dikenal juga dengan istilah hiperkolesterolemia.

Jika dibiarkan, maka dapat merusak dinding pembuluh darah dan penyumbatan, yang tentunya berdampak pada penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah), seperti penyakit jantung koroner atau stroke, dengan 40% kematian mendadak dari jantung coroner disebabkan oleh hiperkolesterolemia.

Penyebabnya banyak diawali dari kebiasaan gaya hidup yang buruk, contohnya adalah kebiasaan merokok, obesitas, kurangnya aktivitas fisik, makan makanan berlemak khususnya lemak jenuh, hingga tingkat stres.

Obat Kolesterol Alami dari Bumbu Dapur

Baca Juga: Obat Kolesterol Alami Dengan Lemon, Mampu Atasi Kolesterol Tinggi