Find Us On Social Media :

Hari Kesehatan Nasional, Ketahui Pentingnya Senam bagi Kesehatan

Senam siapa saja mudah melakukannya, dan bisa dilakukan dimana saja.

GridHEALTH.id - Hari Kesehatan Nasional (HKN) 2022 adalah HKN ke 58 yang peringatannya setiap tanggal 12 November.

Tema yang diusung pada 2022 ini adalah "Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku", menggambarkan semangat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.

Tema ini menggambarkan bangkitnya semangat dan optimisme seluruh lapisan masyarakat Indonesia yang secara bersama, bahu membahu dan bergotong royong dalam menghadapi situasi pandemi, sehingga masyarakat Indonesia dapat kembali sehat dan tumbuh untuk beraktivitas dan produktif.

Upaya peningkatan kesehatan sesungguhnya dapat dilakukan oleh setiap orang melalui kegiatan sederhana dan murah.

Disamping pengaturan makan, penggunaan olahraga merupakan usaha sederhana dan murah untuk meningkatkan kesehatan, asalkan disertai pengetahuan dan pengertian tentang kesehatan olahraga yang benar.

Baca Juga: Antibiotik untuk Diare Terbaik Sesuai Anjuran Dokter? Justru Penyebab Defekasi Bermasalah

Salah satu cara untuk mencapainya adalah aktivitas fisik, paling tepat adalah olahraga. Ingat, olahraga adalah bentuk khusus dari aktivitas fisik, yang terencana dan sengaja dilakukan untuk menyehatkan badan. Contohnya adalah senam.

Senam pagi merupakan suatu aktifitas fisik yang perlu diadakan untuk menjaga kebugaran jasmani para pegawai.

Gerakan-gerakan senam pagi bermanfaat untuk melatih otot-otot pada tubuh, melancarkan peredaran darah sehingga lebih sehat dan segar.

Paparan sinar matahari pagi juga bagus bagi tubuh karena kandungan vitamin D alaminya. Jika tubuh sehat dan bugar secara fisik, maka kemampuan konsentrasi juga akan meningkat dan memudahkan dalam menyelesaikan pekerjaan sehari-hari.

Senam juga dapat memperkuat tulang, membantu menormalkan aliran darah dan melatih urat saraf yang kaku serta meningkatkan kesehatan jantung dan stamina tubuh.

Baca Juga: Arti Jerawat di Dekat Mata, Ini Penyebab dan Trik Mengatasinya