Find Us On Social Media :

Apakah Penyakit Mata Glaukoma Bisa Disembuhkan? Cari Tahu Penjelasannya di Sini!

Inilah bentuk mata dari pasien dengan penyakit mata glaukoma.

GridHEALTH.id – Kesehatan mata perlu diperhatikan dan tidak dapat diabaikan begitu saja, karena ada banyak komplikasi yang bisa dialami dari gangguan mata.

Salah satu penyakit mata yang banyak terjadi dan paling banyak menyebabkan kebutaan bagi orang berusia di atas 60 tahun, yaitu penyakit mata glaukoma.

Nyatanya, kebutaan akibat glaukoma seringkali dapat dicegah dengan pengobatan dini, simak ulasannya berikut ini.

Penyakit Mata Glaukoma

Glaukoma adalah penyakit yang merusak saraf optik mata, yang terjadi ketika cairan menumpuk di bagian depan mata, cairan inilah yang dapat merusak.

Penumpukan cairan yang terjadi akibat penyakit mata glaukoma disebabkan oleh adanya kerusakan pada bagian drainase mata.

Saraf optik yang rusak bila dibiarkan dapat berangsur-angsur memburuk, bintik-bintik buta pun akan berkembang dalam penglihatan.

Penyakit mata glaukoma dibedakan menjadi dua jenis, yaitu:

1. Glaukoma sudut terbuka – Jenis glaukoma yang paling umum, terjadi secara bertahap, diawali dengan mata tidak mengalirkan cairan sebagaimana mestinya, selayaknya saluran air yang tersumbat membuat tekanan terhadap mata meningkat.

2. Glaukoma sudut tertutup / sudut sempit – Kondisi saat iris seseorang sangat dekat dengan sudut drainase di mata, sehingga berhasil menghalangi sudut drainase.

Penyakit mata ini ditandai dengan beberapa ciri berikut ini, yaitu:

Baca Juga: 5 Penyakit Mata Disebabkan Karena Diabetes, Jangan Dibiarkan