Find Us On Social Media :

Bukan Hanya Wajah, Inilah Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Seluruh Tubuh dari Sinar UV

Ini bahayanya sinar UV untuk kulit, jaga kesehatan kulit tubuh mulai dari sekarang.

GridHEALTH.id - Banyak masyarakat yang mulai menyadari pentingnya menjaga kesehatan kulit wajah, namun sayangnya masih banyak yang mengabaikan perawatan kulit seluruhnya.

Padahal, perawatan kulit seluruh tubuh juga penting diperhatikan agar terhindar dari berbagai gangguan di kulit.

Terlebih saat ini masyarakat sudah banyak beraktivitas di luar ruangan yang berisiko terkena paparan sinar UV lebih besar.

Pentingnya Menjaga Kesehatan Kulit Tubuh

Dr. Danang Triwahyudi, Sp.KK(K), FINSDV, FAADV, selaku Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Cabang Jakarta mengingatkan kembali kepada masyarakat untuk memperhatikan kesehatan kulit secara keseluruhan dalam acara Media Edukasi Vaseline Bersama PERDOSKI pada Selasa ini (15/11/2022).

Faktor iklim dan cuaca sangat mempengaruhi kesehatan kulit seseorang, untuk masyarakat Indonesia diharapkan lebih memberikan perhatian pada kesehatan kulit secara keseluruhan, karena riset PERDOSKI menunjukkan bahwa Indonesia sebagai negara tropis memiliki tingkat UVI tinggi, hingga mencapai nilai UVI 10-11+ pada siang hari.

Sehingga harus lebih waspada terhadap efek samping paparan sinar matahari terutama pada siang hari.

Bahaya Sinar UV Bagi Kulit Tubuh

Dr. Danang juga menjelaskan bahwa penyerapan sinar UV yang berlebihan dapat menyebabkan photoaging atau kerusakan kulit akibat sinar UVA/UVB berlebih.

Selain itu ada juga bahaya lain dari sinar UV bagi kulit tubuh, yaitu:

1. Imunitas yang menurun (imunosupresi)

Baca Juga: Atasi Kulit Wajah Kering Dengan 7 Cara Berikut Ini, Kenali Juga Faktor Penyebabnya!